Senin, 21 April 2008

Dongeng Indonesia

19/04/08 13:21

Buku Dongeng Indonesia Diluncurkan di KBRI Budapest



London (ANTARA News) - Buku kumpulan dongeng yang memuat 19 dongeng Indonesia berjudul "A Szilagvirag" (Flower of the Rocks) diluncurkan di KBRI Budapest, Jumat.

Peluncuran buku bahasa Hongaria yang dikarang oleh penerima beasiswa Darmasiswa RI, Marta Kiss, itu dihadiri oleh tamu undangan istimewa, termasuk artis termasyhur Hungaria, Dorottya Udvaros, Duta Besar Negara sahabat dan diliput media cetak dan stasiun Televisi Duna.

"Duta Besar Mangasi Sihombing menyampaikan penghargaan kepada Marta Kiss, yang menterjemahkan dan membukukan dongeng Indonesia itu," kata Arena Sri Victoria, Sekretaris I Pensosbud KBRI Budapest kepada ANTARA News London, Jumat.

Dubes Sihombing menekankan peranan dongeng sebagai bahan pendidikan bagi anak-anak karena setiap dongeng memiliki nilai luhur yang perlu dalam pembentukan watak seperti kejujuran, ketabahan dan rasa keadilan.

Penerbitan dongeng Indonesia sangat membantu orang tua di Hongaria yang memerlukan bahan-bahan dongeng untuk dibacakan bagi anak-anak mereka.

"Dengan dibukukannya dongeng rakyat ini, maka dongeng Indonesia tidak akan hilang, ujarnya.

Dalam acara tersebut dibacakan dongeng Joko Kerdil yang membawa hadirin ke dalam suasana yang haru dan senang.

Kritikus sastra Erika Szepes mengungkapkan dongeng Indonesia mempunyai kesamaan dengan dongeng yang ada di Hongaria, seperti pada cerita Timun Mas.

Gambar-gambar dalam buku dongeng tersebut dilukis sendiri oleh Marta Kiss, dicetak dalam edisi lux setebal 98 halaman. (*)

COPYRIGHT © 2008

Tidak ada komentar: