Sabtu, 11 Februari 2017

MUSKAT

SEJARAWAN: ISLAM BERKEMBANG GLOBAL SERTA BERBAGAI BIDANG
     Oleh Zeynita Gibbons

     London 31/1 (Antara) -  Pengamat sejarah Islam yang juga dosen Universitas Negeri Jakarta Ustadz Agung A.W.S. Waspodo,  mengatakan penyebaran Islam tidak hanya berhasil menjangkau Tanah Andalus di Semenanjung Iberia Spanyol dan Portugal tetapi juga berkembang di berbagai bidang.
          Islam berkembang di berbagai bidang  seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, kedokteran, teknologi pertanian dan pendidikan, ujar   alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan Humphrey School of Public Policy dalam kajian sejarah Islam diadakan di Oman, kata  Pensosbud KBRI Muscat Virgino Rikaryanto kepada Antara London, Selasa.
          Perkembangan sejarah berhasil disampaikan Agung A.W.S. Waspodo dengan cara yang dinamis dan interaktif, banyak hikmah yang bisa dipetik dari peristiwa di masa lalu tersebut.
           Dengan pengetahuan sejarahnya yang begitu detail, Ustadz Agung mengajak hadirin menelusuri masa-masa kegemilangan Islam, dimulai dari zaman Nabi Muhammad SAW, era Khulafaur Rasyidin, Kekhalifan Umayyat, Abassid, Fatimid hingga Utsmani Turki. Setiap sesi menjadi semakin menarik dengan diselingi kuis berhadiah buku, membuat pendengar semakin menajamkan konsentrasinya. Cerita sejarah yang disampaikan juga lebih mudah diikuti dengan ditampilkannya peta interaktif yang menggambarkan peristiwa penting dalam tonggak sejarah.
           Kajian yang digelar di KBRI Muscat mampu mengingatkan kembali peserta tentang prestasi yang pernah diukir umat Islam di masa lampau.
           Dubes RI untuk Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, mengatakan belajar sejarah  menyadarkan umat Islam bahwa kemajuan dapat dicapai dengan terus belajar dan tidak berpuas diri, sedangkan kemunduran terjadi ketika muncul rasa mudah puas dan lemahnya semangat untuk membuka diri terhadap perbaikan.
    ***4****


(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 31-01-2017 05:14:33

Tidak ada komentar: