Rabu, 30 Januari 2019

BELITUNG


DUBES NGURAH PIMPIN MISI BISNIS KE BELITUNG 
  
Zeynita Gibbons

Jakarta, 22/1 (Antara) - Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya, memimpin misi bisnis "Indonesia Incorporated Business Mission to Belitung", setelah peluncuran penerbangan langsung Garuda Indonesia rute Singapura-Tanjung Pandan, Belitung, Oktober tahun lalu.

Misi bisnis diikuti 34 orang Indonesia di Singapura dan pengusaha serta potential investors Singapura terdiri perwakilan Bank Indonesia, Bank BUMN Indonesia di Singapura, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO), Ketua dan Anggota Asosiasi Seafood Singapura, dan beberapa perusahaan dari industri halal Singapura, investor bidang pariwisata, serta perwakilan media Singapura dan RRT.

Konsuler Bidang Ekonomi KBRI Singapura, Berlianto Situngkir, kepada Antara, Selasa, mengatakan dalam pertemuan dengan Bupati Belitung dan jajarannya, Dubes Ngurah Swajaya menjelaskan tujuan dari "Indonesia Incorporated Business Mission" adalah menindaklanjuti penjajakan kerja sama investasi pada sektor pariwisata, perikanan, dan pertanian, yang pernah disosialisasikan di Singapura.

Para peserta diajak melihat langsung perkebunan lada, durian, tambak ikan, hutan masyarakat untuk "eco tourism", dan kawasan yang dapat dijadikan marina maupun potensi pariwisata lainnya.

Sebagai salah satu dari 10 Bali Baru (10 New Bali), KBRI Singapura tidak hanya mendorong Belitung sebagai destinasi pariwisata, tetapi juga destinasi investasi infrastruktur dan potensi investasi lainnya, termasuk di sektor perikanan dan produk kelautan lainnya. Pengembangan Belitung diharapkan dapat membantu peningkatan jumlah wisatawan manca negara dalam memenuhi target yang ditetapkan.

Bupati Belitung juga mengundang investasi swasta bidang infrastruktur, seperti bandara, pelabuhan laut, marina, pelabuhan untuk wisata kapal pesiar, serta investasi dalam sektor budi daya perikanan, udang dan kepiting, serta investasi bidang pertanian.

Salah satu hasil konkrit kunjungan misi bisnis adalah minat pembelian lada dari Singapura sebesar satu ton per bulan, impor produk perikanan, udang dan kepiting serta investasi bidang budi daya, serta industri pengolahan, termasuk penjajakan bidang peternakan ayam dan pengembangan resort untuk pariwisata.

Dalam pertemuan dengan seluruh peserta, Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Dubes Ngurah Swajaya sepakat membentuk tim untuk memfasilitasi dan mempercepat tindak lanjut bidang investasi serta perdagangan, termasuk pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan kejuruan pada sektor prioritas bekerjasama dengan Singapura.

Ketua Asosiasi Seafood Singapura, Belinda Lee, menyebutkan sejauh ini sudah ada impor produk seafood dari Belitung, namun jumlahnya belum banyak.

Setelah melihat langsung potensi perikanan Belitung, Belinda meliat potensinya sangat baik, namun masih banyak hal yang perlu dikembangkan agar sesuai dengan standar Singapura, terkait proses industrinya dan gudang pendinginan yang memadai.

Apabila hal ini dapat dipenuhi, tentunya akan dapat mendongkrak nilai dari produk "seafood" tersebut dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Belitung.

Belinda berjanji akan datang kembali ke Belitung bulan Maret mendatang untuk merealisasikan rencana kerja sama, termasuk menjajaki investasi bidang budi daya udang, ikan dan kepiting dengan membawa anggota Asosiasi Seafood Singapura.

Dalam tiga tahun terakhir ini nilai investasi Singapura di Belitung belum terlalu signifikan. Tahun 2016 terdapat 16 proyek dengan total investasi 1,8 juta dolar AS. Pada tahun 2017 terdapat 15 proyek dengan nilai investasi sekitar 16 juta dolar AS, dan bulan Januari-September 2018 terdapat 20 proyek dengan investasi sebesar 3,2 juta dolar AS.

Dengan adanya penerbangan langsung dan regular dengan Garuda Indonesia, aksesibilitas Belitung semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan Singapura.

KBRI Singapura akan terus bekerja sama dengan berbagai instansi dan perusahaan terkait di Singapura untuk membawa lebih banyak lagi produk perikanan dan pertanian dari Belitung ke pasar Singapura, serta mendorong arus masuk investasi dan wisman Singapura ke Belitung.***1***
(T.H-ZG/B/R. Fardaniah/C/R. Fardaniah) 22-01-2019 07:03:22






Sent from Yahoo Mail for iPhone

Tidak ada komentar: