Selasa, 15 Desember 2015

BERSEJARAH

KOMUNITAS ASEAN MASUKI MOMEN BERSEJARAH

     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 12/12 (Antara) - Akhir tahun 2015 dinilai menjadi momen penting dan bersejarah dengan dimulainya Komunitas ASEAN yang akan mendekatkan dan mensinergikan kesepuluh negara anggotanya menuju integrasi dan kemakmuran bersama.

         Demikian Dubes RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, dalam diskusi bertema Dialog  Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara di Aula Magna El Colegio de San Luis (COLSAN) di kota San Luis Potosi, Meksiko.

         Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara London, Sabtu menyebutkan, diskusi diadakan ASEAN Commission in Mexico City (ACMC) dan COLSAN dibuka  Presiden COLSAN, Dr Maria Isabel Monroy Castillo dan Dubes  Filipina, Catalino Jr Dilem Reinate selaku Ketua ACMC periode Juli - Desember 2015.

         Maria menyampaikan kegiatan ini ditujukan untuk memperkenalkan ASEAN kepada kalangan akademisi COLSAN khususnya mengenai pencanangan Komunitas ASEAN akhir 2015 yang akan mempercepat proses perkembangan ekonomi, politik, dan sosial budaya di kawasan Asia Tenggara.

         Diskusi menghadirkan kelima Dubes anggota ACMC, yaitu Dubes Catalino Dilem, Dubes Yusra Khan, Dubes Mohammad Azhar Bin Mazlan (Malaysia), Dubes Surasak Chuasukonthip (Thailand), dan Dubes Linh Lan Le (Vietnam), sebagai pembicara dengar moderator Dr. Tomas Calvillo dari COLSAN.

         Kelima Dubes menyampaikan informasi mengenai sejarah ASEAN, tiga pilar kerja sama, visi dan misi di bawah kepemimpinan Malaysia selaku Ketua ASEAN tahun 2015 serta kesepakatan ASEAN Summit 2015, konektivitas dan peran sentral serta kemitraan ASEAN di kancah internasional.

         Diskusi diikuti sekitar 100 civitas academica COLSAN serta dari universitas lain di kota San Luis Potosi menanyakan antara lain mengenai tantangan kerja sama ASEAN dan peran sentral ASEAN dalam menghadapi konflik internal negara anggota.

         Hal lain yang menarik perhatian civitas academica yaitu mengenai hubungan bilateral antara Meksiko dengan masing-masing negara ASEAN.

         Para akademisi tertarik posisi masing-masing negara ASEAN terhadap dinamika kerja sama internasional seperti Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) dan  Trans Pacific Partnership (TPP).

         Penyelenggaraan diskusi ini merupakan salah satu upaya ACMC  memperkenalkan ASEAN di Meksiko. Selama kunjungan ke kota terbesar ke-sepuluh di Meksiko berpenduduk sekitar satu juta orang.

         Kelima Dubes ACMC melakukan pertemuan dengan Gubernur Negara Bagian San Luis Potosi, Juan Manuel Carreras yang dihadiri  Presiden Komisi Hubungan Internasional Asia-Pasifik Senat Meksiko, Senator Teófilo Torres Corzo ini.

         Kelima Dubes  mengundang pemerintah negara bagian San Luis Potosi untuk  menggali kerja sama di berbagai bidang, khususnya di bidang yang menjadi unggulan San Luis Potosi, seperti industri otomotif dengan kapasitas produksi hingga 160.000 kendaraan per tahun.(ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 12-12-2015 08:54:34

Tidak ada komentar: