Kamis, 19 Mei 2016

RUSIA


MAHASISWA PROMOSI WONDELFUL INDONESIA DI RUSIA
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 13/5 (Antara) - Mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (PERMIRA)yang datang dari berbagai kota di Rusia mengadakan kongres pemilihan ketua baru sekaligus  mengenalkan budaya dan keindahaan Indonesia melalui kegiatan bertajuk "Wonderful Indonesia" di taman Baku, Volgograd, kota terbesar ketiga di Rusia, sekitar 1000 km tenggara Moskow,
    KBRI Moskow dalam keterangan yang diterima Antara London, Jumat menyebutkan selama ajang "Wonderful Indonesia", para mahasiswa berhasil menarik perhatian ratusan pengunjung dengan sajian tari dan lagu tradisional Indonesia, kuliner Indonesia, dan juga berbagai produk handicraft, kerajinan kulit, kopi dan sebagainya asli Indonesia.

         Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarus, Wahid Supriyadi, yang hadir di Volgograd, membuka kegiatan`Wonderful Indonesia¿ dengan pemotongan tumpeng secara simbolis.

         Dubes Wahid mengharapkan acara ini dapat lebih mengenalkan masyarakat Rusia, khususnya di Volgograd, akan keindahan dan keramahan masyarakat Indonesia sehingga diharapkan kunjungan turis dari Rusia meningkat. Dubes juga menyambut baik kegiatan ini sebagai 2nd track diplomacy yang dimotori mahasiswa dan didukung sepenuhnya  KBRI Moskow.

         "Ini yang kedua kalinya kami mendukung event ini dan diharapkan produk-produk Indonesia yang dipamerkan lebih dikenal luas masyarakat Rusia, khususnya produk kerajinan kulit Indonesia dapat masuk ke pasar Rusia karena kualitasnya tidak kalah dari kualitas negara lain," ujar Atase Perdagangan RI, Heryono Prasetyo, yang ikut mendampingi Dubes.

         Sekitar 70 mahasiswa yang datang dari berbagai kota di Rusia menyelenggarakan Kongres PERMIRA XV di Mercury Business Centre untuk memilih ketua baru. Telah terpilih  Muhammad Iksan Kiat dari Arkhangelsk sekitar 1200 Km utara Moskow,  menggantikan Steven Guntur dari St. Petersburg.

         Dalam kongres tersebut, Dubes Wahid memberikan sambutan dan kuliah umum mengenai hubungan Indonesia-Rusia diikuti mahasiswa mewakili 336 mahasiswa Indonesia di seluruh Rusia.

          Dubes juga mengadakan pertemuan dengan Ketua Kadin Volgograd, Mr. Vadim Tkacenko dan jajarannya guna membahas peluang kerjasama dalam rangka meningkatkan volume perdagangan kedua negara yang pada triwulan pertama 2016 naik 40 persen. Tahun 2015 lalu, total perdagangan Indonesia ¿ Rusia sebesar  1,9 milyar dolar AS sangat kecil dibanding potensi yang ada.***4***
(ZG)


(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 13-05-2016 22:40:10

Tidak ada komentar: