Minggu, 22 Januari 2017

FITUR

MINUMAN TRADISIONAL DAYA TARIK PAVILIUN DI FITUR
     Zeynita Gibbons

  Madrid, 20/1 (Antara) - Sajian minuman tradisional dan kopi Indonesia yang diracik Mixiologist yaitu semacam bartender Erwin Perdana Warman dan barista Doddy Pancawinata menjadi daya tarik Paviliun Indonesia dalam pameran pariwisata "Feria Internacional de Turismo (FITUR).
       Pameran berlangsung di Madrid, Spanyol  18-22 Januari 2017 mendatangkan kesan mendalam bagi peminat sajian khas Tanah Air itu.
       "Banyak pengunjung sangat menikmati minuman yang ada walau awalnya mereka seperti merasa aneh tetapi senyum yang diberikan setelah minum dan kata "bueno" serta rekomendasi ke orang sekitanya menjadi penghargaan atas minuman indonesia," ujar  Mixiologist, Erwin Perdana Warman dari Aston Sentul Lake and Convention kepada Antara, Jumat.
          Selama pelaksanaan pameran pariwisata Fitur 
yang dibuka Raja Felipe VI, paviliun Indonesia menyajikan minuman tradisional seperti wedang jahe, kunyit asem dan jakencruk yang diyakini berkhasiat bagi kesehatan seperti untuk melawan penyakit kanker, kolesterol, sakit tenggorokan, flu dan juga digestion,
       Erwin menyanyikan minuman tradisional yang dibuat dengan bahan dasar segar seperti kencur, kunyit dan jeruk , kayu manis dan cengkeh,"sempat ada yang  mengabadikan moment saat saya membuat minuman tradisional Indonesia dari awal serta mempostingnya di sosial media dengan statement "best ginger tea ever," ujar Erwin lagi,
     Diakuinya  banyak yang tertarik dan merasa belum mendapatkan nya waktu di Indonesia dan bahkan ada yang mengatakan minuman tradisional terasa segar dan ada yang minta nambah sampai tiga kali.
          Menurut Erwin, para pengunjung paviliun Indonesia yang mengusung Wonderful Indonesia dengan menampilkan payung dan topeng serta batik, mengakui bumbu yang digunakan dalam minuman mempunyai bau dan rasa yang lebih kuat dan mereka pun sangat antusias dengan manfaat dari minuman tradisional Indonesia, bahkan ada  pengunjung yang minta resep dan dimana mendapatkannya, ujar Erwin.
          Selain menyuguhkan minuman tradisional seperti wedang jahe Paviliun Indonesia juga menampilkan tarian yang dibawakan penari Asra Zykra Ayoub, Rita Daryuni dan Putri Jingga Aura yang menampilkan tarian piring dari Sumatera Barat serta carnaval .
          "Kami bangga bisa menampilkan kesenian Indonesia dalam pameran pariwisata Fitur," ujar Asra Zykra Ayoub yang sering mengikuti misi kesenian Indonesia ke berbagai negara.
           Sementara itu Sekretaris Deputy Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kempar, Ni Wayan Giri Adnyani  kepada Antara London mengatakan Paviliun Indonesia di Fitur diisi oleh 20 industri pariwisata agen perjalanan tur operator dan perusahaan hotel dan resort dari seluruh Indonesia dalam upaya mempromosikan berbagai obyek wisata dalam pameran pariwisata.
            Dikatakannya Industri pariwisata yang ikut mempromosikan berbagai obyek wisata diantaranya  Ravelino Tour&Travel, Jewel Indonesia,Exolore Sumba, PT Indonature Tour&Travel, PT. Adventure Cartensz, Pacto LTD. Indonesia, PT. Bali Catur  Cemerlang, PT. Dewi Wisata Tour & Travel,PT. ASEAN Tour& Travel,
Sense Hotel Group, Pramana Hotels & Resort Bali, dan PT. Good Indonesian Food yang khusus menawarkan wisata kuliner.
         Indonesia tahun ini, fokus menawarkan paket-paket tergolong baru bagi pasar Eropa, seperti JogLoSemar di Jawa, Coral Wonders, kecantikan segitiga koral Indonesia di Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken, kemudian paket wisata di Kepulauan Riau dan Danau Toba di Sumatera Utara, demikian Ni Wayan Giri Adnyani. (ZG) ****3****

(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 20-01-2017 06:22:08
end

Tidak ada komentar: