Senin, 25 Juni 2018

PANINJAUAN

PULANG BASAMO WARGA PANINJAUAN DI RANTAUZeynita Gibbons

     Solok, 14/6 (Antara) - Tiga bus yang membawa sekitar 200 warga Paninjauan yang ada di Jabotabek sekitar nya juga dari Tasikmalaya pada dini hari Rabu tiba di Terminal Bareh Solok dimana para penyambut sudah berdatangan sejak pukul delapan malam termasuk Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok Eva Nasri yang mewakili Bupati Solok.
         Usai istirahat setelah perjalanan sejak Senin pagi Pulang Basamo warga Paninjauan yang difasilitasi Kementerian Perhubungan dengan menyediakan tiga bus sejak berangkat dari Gunung Medan dikawal oleh Voraider yang membuat perjalanan lebih cepat.
          "Kayak pejabat aja kita di kawal polisi,"ujar seorang ibu warga Paninjauan yang duduk disamping saya dan ia pun mengaku bahwa seumur hidup dikawal polisi .
           "Baru pertama kali polisi mengawal bus kami dari Damasraya ke Solok, " ujar Farida salah satu perantau yang ikut dalam bus no Dua yang disediakan Kementerian Perhubungan program pemerintah Mudik Gratis.
         Meskipun perantau tiba dini hari di tanah kelahiran nya tidak menyurutkan masyarakat kota Paninjauan dan Solok menyambut orang rantau termasuk Walinagari Paninjauan Dasrel dan para Datuk.
        Tari pasambahan yang berarti menyambut tamu dengan suka cita dilakukan grup kesenian dan juga tari piring serta pengalungan bunga kekapa rombongan dan Ketua Ikatan Keluarga Paninjauan Saiyo (IKPS) oleh anak daro kota Solok.
          Usai acara penyambutan di tengah malam itu, dilanjutkan dengan sambutan dan tidak lupa pantun pun berhamburan dari pejabat kota Paninjauan salah satunya "Kabupaten Solok dengan lima danau - banyak orang datang kemari- selamat datang orang parantau - bersama kita membangun nagari."    
      Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Solok, Pak Eva Nasri mengajak para perantau untuk ikut membangun nagari Paninjauan yang kebetulan ia sendiri berasal dari Paninjauan.
           Acara pulang Basamo warga perantau Paninjauan mengakui bahwa acara pulang basamo kali ini sangat berkesan, apalagi adanya fasilitas dari pemerintah bus gratis.
          "Kesan saya dalam pulang basamo IKPS tahun 2018 ini, terangkul dlm satu kata 'fantastico,' ujar Masril kepada Antara. Dikatakannya bila dibandingkan  pelaksanaan pulang basamo empat tahun lalu.
        Koordinasi cukup bagus, dan Alhamdulillah perjalanan semenjak Start di Monas sampai ke tujuan di Paninjawan Solok X Koto Diatas, tak henti-hentinya saya melafazkan kalimat syukur ke hadirat Illahi Rabbi; alhamdulillahi rabbil 'alamiiiiin, demikian Masril.
         Sementara itu pasangan Syafri asal Paninjauan dan sang istri Sri dari Jawa ini mengaku sangat senang bisa ikut dalam acara pulang basamo, ¿Saya bisa bertemu dengan teman-teman saya,¿ ujar Safri yang sehari-hari bekerja menjadi supir pribadi.
          Panitia Ikatan Keluargq Paninjauan Saiyo (IKPS) Hadi Mulya kepada Antara,  mengatakan acara Pulang Basamo warga Paninjauan di perantauan khususnya di wilayah Jabotabek berlangsung setiap empat tahun sekali.¿Alhamdullilah tahun ini kami mendapat fasilitasi dari Kementerian Perhubungan dengan menyediakan tiga bus lengkap dengan supirnya,¿ ujarnya.
         Perjalanan Jakarta Padang ditempu selama dua malam  dua hari tentunya dengan berhenti pada saat waktu berbuka puasa dan saur serta waktu sholat.
          Dikatakannya untuk acara pulang basamo perantau Paninjauan tahun ini tercatat yang ikut naik bus ada sekitar 120 orang dari wilayah  Jabodetabek, sementara yang mengunakan mobil pribadi ada sekitar 60 mobil, dan ada juga yang pulang naik pesawat diperkirakan 80 orang.
         Selama di kampung halaman warga Paninjauan mengadakan serangkaian acara selain bersilaturahmi dengan sanak keluarga yang ada di kampung juga kegiatan sosial lainnya dan olahraga.

        "Kami sudah merancang beberapa acara nanti pas tiba di kampung halaman, " ujar Sukwan Hanafi salah seorang panitia Pulang Basamo. Selain sholat Idul Fitri dan buka puasa bersama para perantau dari Paninjauan juga melakukan bakti sosial dan lomba untuk anak-anak, demikian Sukwan Hanafi. (ZG)****4***

(T.H-ZG/B/Y. Ali/Y. Ali) 14-06-2018 21:01:55

Tidak ada komentar: