Kamis, 28 Juni 2018

QATAR

TARI SAMAN WARNAI PESTA PERNIKAHAN WNI DI ALKHOR QATARZeynita Gibbons
     London 26/6 (Antara) - Pentas budaya Wonderful Indonesia turut meramaikan perayaan pesta pernikahan di Alkhor, Qatar dimana ratusan komunitas yang berasal dari Indonesia, Qatar dan ekspatriat asing, menghadiri undangan yang datang dari berbagai daerah di Qatar seperti Doha, Wakrah, Messaid, Dukhan.
          Promosi budaya ini merupakan bagian dari acara pernikahan antara Feby Fariska Savira, putri Fahri Edy dan Hayldi Bura Somas Sarwinata, putra Edi Suherman dari komunitas diaspora Indonesia yang bekerja pada perusahaan gas, QatarGas dan telah bermukim sekitar 20 tahun di kota AlKhor, demikian pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan, kepada Antara London, Selasa.
          Prosesi budaya ini diawali dengan acara akad nikah dilanjutkan dengan tarian pembuka. Pada malam harinya acara budaya dimulai dengan prosesi upacara pernikahan menggunakan adat Aceh juga diramaikan pertunjukkan budaya dan pemberian selamat kepada  pengantin dan orang tua kedua mempelai.
          Dubes Indonesia  untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi,  bertindak sebagai saksi pernikahan memuji peran komunitas Indonesia di Al Khor atas kontribusinya dalam mempromosikan budaya Indonesia di Qatar. 
    Sekitar 51 organisasi masyarakat Indonesia berada di bawah naungan Persatuan Masyarakat Indonesia di Qatar (Permiqa) pimpinan Prihandoko Saputro, berperan dalam mendukung misi KBRI tidak hanya dalam mempromosikan budaya Indonesia di Qatar, tapi juga mempererat hubungan antara kedua negara.
         Perayaan digunakan untuk mempromosikan tidak hanya budaya pernikahan Indonesia kepada para ekspatriat, tapi juga mempromosikan berbagai tarian tradisional seperti Tari Saman dan tarian tradisional lainnya guna menghibur tamu undangan.
          Acara ini juga merupakan kesempatan bagi komunitas mancanegara khususnya dari Indonesia dan ekspatriat asing lainnya untuk bertemu pada acara halal bihalal setelah perayaan Idul Fitri.
            Ibu mempelai pria, Kade Pon menyampaikan apresiasinya kepada KBRI Doha, panitia dan para tamu undangan sehingga acara tersebut berlangsung sukses. "Keberhasilan acara ini karena adanya dukungan Duta Besar dan panitia serta komunitas diaspora Indonesia" ujarnya.
          Menurut pejabat KBRI Doha, Boy Dharmawan, di Alkhor terdapat komunitas diaspora Indonesia terbesar di dunia dengan sekitar 1500 WNI yang umumnya bermukim di kompleks Al-Khor Community (AKC). Kompleks tersebut yang merupakan perumahan bagi karyawan perusahaan gas, QatarGas.

         Ditambahkannya, penampilan beragam tarian yang dilakukan oleh anak-anak Indonesia yang juga anggota dari berbagai kelompok seni budaya di AlKhor. Penampilan budaya ini merupakan promosi yang efektif khususnya bagi para ekspatriat asing agar tertarik berkunjung ke Indonesia.(ZG)****4***


(T.H-ZG/B/I.K. Sutika/I.K. Sutika) 26-06-2018 03:43:17

Tidak ada komentar: