Jumat, 25 Januari 2008

TRAVELSHOW SWEDIA

KBRI Stockholm Tampilkan VIY 2008 di Pameran Pariwisata Swedia


Stockholm (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm menampilkan program Kunjungan Wisata ke Indonesia (Visit Indonesia Year/VIY) 2008 dalam pekan pameran pariwisata (travelshow) yang digelar di Stockholms Mässan-Älvsjö pada 24-27 Januari.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Linggawaty Hakim, pada Sabtu siang waktu setempat dijadwalkan di VIP Lounge meresmikan program VIY 2008 itu di Stockholm, yang dimeriahkan dengan pergelaran gamelan dan tari-tarian khas Indonesia.

Kepala Bidang Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) KBRI Stockholm, Dody Sembodo Kusumonegoro, kepada Zeynita Gibbons dari ANTARA News London-Inggris, Jumat (25/1) waktu setempat mengatakan bahwa partisipasi Indonesia dalam "Travelshow" di Stockholms difokuskan guna menunjang VIY 2008.

Dikatakannya, jumlah wisatawan Swedia yang berkunjung ke Indonesia relatif belum banyak, bila dibandingkan dengan potensi pasar yang ada. Padahal, masyarakat Swedia yang melakukan perjalanan wisata baik ke dalam mapun ke luar negeri cukup tinggi.

"Orang Swedia yang melakukan liburan ke luar negeri sangat besar dan sudah merupakan suatu kebutuhan karena ditunjang dengan pendapatan mereka yang tinggi," ujarnya.

Berdasarkan stataistik tahun 2006, jumlah warga negara Swedia yang melakukan perjalanan ke luar negeri dengan mengunakan jasa angkutan umum, seperti pesawat udara dan kapal laut, mencapai 12,6 juta atau 140 persen dari jumlah penduduk Swedia yang berjumlah sekira sembilan juta jiwa.

Peluang Indonesia untuk dapat meraih jumlah wisatawan dari Swedia dan kawasan Skandinavia, dinilainya, cukup besar dan patut mendapat perhatian dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar).

Dikatakannya, beberapa agen perjalanan pariwisata yang selama ini menyediakan berbagai program kunjungan wisata ke Indonesia turut serta dalam "Travelshow" Swedia, sedangkan stand KBRI Stockholm yang berada di lot Nomor A31:04 menyediakan berbagai informasi mengenai daerah tujuan wisata di Indonesia.

Dalam pameran tersebut, KBRI Stockholm juga mengelar berbagai pertunjukan tradisional Indonesia, seperti atraksi gamelan dan tari-tarian daerah yang dibawakan anggota masyarakat di Stockholm.

Selama dua hari pertama "Travelshow" hanya diperuntukkan khusus untuk biro-biro perjalanan, sedangkan dua hari terakhir diperuntukkan bagi masyarakat Swedia, demikian Dody Sembodo Kusumonegoro. (*)

Copyright © 2008 ANTARA

Tidak ada komentar: