Sabtu, 11 Oktober 2014

BULUTANGKIS

INDONESIA RAIH TIGA EMAS KEJUARAAN BABOLAT BULGARIA

         London,6/10 (Antara) - Tim bulutangkis Indonesia meraih tiga emas pada  Kejuaraan Bulutangkis Internasional Babolat Bulgaria 2014 di Sofia, Bulgaria, pada  2 hingga 5 Oktober.
   Tim Bulutangkis Indonesia meraih tempat pertama emas untuk nomor ganda putra dan putri serta ganda campuran dan  menempatkan "All Indonesian final" pada nomor ganda putra dan putri, demikian Pensosbud KBRI Sofia Dina Martina kepada Antara London, Senin.

        Dikatakannya tempat pertama untuk nomor ganda diraih  pasangan Selvanus Geh/Kevin Sanjaya Sukamulyo, tempat kedua Ronal Alexander/Edy Subaktiar, dan tempat ketiga Frans Kurniawan/A.P. Rahmanto Putra dan pasangan Jerman Max Schewnger/Josche Zurwonne.

       Pasangan ganda putri Indonesia Della Destiara Haris/Gebby Ristiyani Imawan menempati tempat pertama, diikuti pasangan Indonesia lainnya Ririn Amelia/Komala Dewi di tempat kedua serta Maretha Dea Geovani/Rosyita Eka Putri Sari dan Ni Ketut Mahadewi/Melvira Oklamona di tempat ketiga.

        Sementara untuk pasangan ganda campuran Indonesia Fran Kurniawan/Kumala Dewi meraih tempat pertama setelah bersaing ketat  dengan pasangan Jerman Max Schewenger/Carla Nelte 21-18 19-21 13-21.

        Pada nomor tunggal putri atlit Indonesia, Maria Febe Kusumastuti,  menduduki tempat kedua setelah dikalahkan pemain tunggal putri nomor dua Spanyol Beatriz Corrales dengan score 23-25 21-15 21-12.

        Tempat ketiga pada nomor ini diduduki  Marija Ulitina(Ukraina)  dan Linda Zetchiri (Bulgaria).  Sedangkan untuk tunggal putra satu-satunya atlit yang diturunkan, Thomi Azizan Mahbub, telah tumbang di perempat final.

        Dubes Bunyan Saptomo beserta Ibu Lia B. Saptomo, delegasi Kemenpora dan Kemlu yang mengadakan kunjungan ke Bulgaria yang dipimpin Asdep Pengembangan Kemitraan Kepemudaan dan Keolahragaan, Dr. Dwijayanto S. Putera, staff KBRI dan masyarakat Indonesia di Sofia  memberikan dukungan kepada atlet.

        Indonesia mengirimkan 24 atlitnya   yang  merupakan gabungan antara tim pelatnas PBSI sebanyak 16 atlit dan Klub Djarum delapan  orang.

        Secara keseluruhan Indonesia menurunkan lima ganda campuran,  tiga ganda putra, dua ganda putri, seorang pemain  single putra dan dua single putri.  
   Indonesia juga menjadi negara yang menempatkan jumlah ganda campuran paling banyak pada ajang turnamen tahunan tersebut.
   PBSI dan Klub Djarum untuk pertama kalinya mengirimkan tim dengan jumlah atlit cukup besar pada kejuaraan di Bulgaria.

        Turnamen diikuti sekitar 250 atlit bulutangkis dari 38 negara antara lain Denmark, Jerman, Jepang, Cina-Taipe, Suriname, AS, Kanada, Spanyol, UK, Perancis, Ukraina, Belanda, Italia, Austria, Finlandia, dan Polandia.

        Negara-negara Eropa Timur/Balkan yang berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut rata-rata menurunkan atlit-atlit papan atasnya.

        Bulgaria contohnya, menurunkan atlit nomor satunya, Linda Zetchiri yang dikalahkan atlit Indonesia, Maria Febe pada semi final.  
   Pasangan atlit unggulan teratas dari negara Eropa lainnya  yang berpartisipasi adalah ganda campuran pasangan Jerman yakni Max Schwenger dan Carla Nelte.

         Tim Indonesia yang  dipimpin  pelatih Nova Widianto dan Endra Mulyajaya (PBSI) serta Rendra Wijaya dan Fendy Iwanto (Klub Djarum) ini selanjutnya akan menuju Den Haag untuk mengikuti Turnamen  ¿Yonex Dutch Open 2014¿, di Den  Haag,  dari 7 sampai 12 Oktober(ZG/S012)
(T.H-ZG/B/Suharto/Suharto) 06-10-2014 01:26:35

Tidak ada komentar: