Rabu, 22 Oktober 2014

UI DI UK

DELEGASI UI KUNJUNGI UNIVERSITAS TERKEMUKA DI INGGERIS

            London, 14/10 (Antara) -  Delegasi Universitas Indonesia dibawah pimpinan Sekretaris Universitas Prof. Dr. Tommy Ilyas melaksanakan kunjungan kerja kepada beberapa Universitas terkemuka di Inggris seperti University of Oxford, Imperial College London, London School of Economics and Political Sciences (LSE) dan University College of London (UCL).

          Kunjungan berlangsung sejak tanggal 7 sampai 12 Oktober. Selain Prof. Tommy turut mendampingi diantaranya  Direktur Hubungan Alumni UI Dr. Sandra Fikawati, Deputi Direktur Hubungan Alumni UI Erwin Nurdin, Staf Khusus Direktorat Hubungan Alumni Ahmad Syafiq, Ph.D. dan Staf Khusus Pimpinan UI Jona Widhagdo Putri, M.A.

           Dosen FISIP UI, Kandidat Doktor di LSE, Vishnu Juwono  kepada Antara London, Senin, mengatakan selain melakukan kunjungan ke universitas unggulan di Inggris, delegasi UI juga melakukan silahturahmi dengan para alumni UI, bertempat di ruang Crutacala KBRI London  dan mendeklarasikan berdirinya Ikatan Alumni Universitas Indonesia (UI) di Inggris Raya.

          Sebelumnya digelar acara silaturahmi alumni Universitas Indonesia yang bermukiman di Inggris Raya, dihadiri sekitar 70 alumni Universitas Indonesia dari berbagai kota di Inggris Raya seperti Cambridge, Oxford, Manchaster, Leeds, Birmingham, Nottingham dan London sebagai tuan rumah  beragam profesi  yang terdiri dari  dosen, pegawai swasta, pegawai BUMN, diplomat dan  mahasiwa.

          Dalam sambutannya di acara silaturahmi alumni UI di Inggris ini  Sekretaris Universitas (SU) UI Prof. Tommy Ilyas menekankan pentingnya peranan para alumni UI dalam pengembangan kampus. "Dengan berprestasinya para alumni UI tentu saja akan berpengaruh pada citra baik dari kampus UI. Para Alumni adalah agent of change yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata sehingga UI dapat berlari kencang bersaing dengan berbagai Universitas-universitas unggul di belahan dunia," ujar Prof. Tommy.

           Pelaksana tugas (Plt.) Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Dino Kusnadi  sebagai tuan rumah  menyambut inisiatif dari para alumni UI ini. "Kami membuka diri dan mendorong kegiatan positif masyarakat Indonesia seperti yang dilakukan para alumni UI karena pada dasarnya KBRI London adalah rumah dari masyarakat Indonesia disini," ujar Dino.

           Selain itu Direkur Hubungan Alumni Dr. Sandra Fikawati memaparkan mengenai Direktorat yang dipimpinnya serta kontribusi dari para alumni UI terutama dalam melengkapi database informasi mengenai alumni UI.

            Sementara itu Erwin Nurdin  menjelaskan mengenai  terbentuknya Ikatan Alumni UI di luar negeri diantaranya di Amerika Serikat, Singapura dan Qatar yang diharapkan dapat mendorong terbentuknya Ikatan Alumni di Inggris Raya.

   
                               Alumni UI

       Setelah diskusi dalam sesi tanya jawab antara alumni UI di Inggris dengan delegasi     UI yang dipimpin  Prof. Tommy berakhir,  dicapai kesepakatan secara kuorum dari para alumni UI di Inggris yang hadir untuk membentuk ikatan alumni (ILUNI) UI cabang Inggris Raya.

           Secara resmi ikatan alumni UI dideklarasikan bersama-sama  70 alumni UI yang hadir secara penuh antusias bahkan para alumni menyayikan bersama mars Genderang UI setelah deklarasi.
      Selain itu disepakati oleh Prof. Tommy dan pimpinan UI  untuk meresponse antusias membentuk ILUNI Inggris Raya dengan membentuk formatur yang anggotanya terdiri dari Rizal Anwar Djaafara (Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Eropa, alumni FEUI), Fadjar Tjahjanto (Sekretaris 1 bidang Politik KBRI London, alumni FHUI), Vishnu Juwono (Dosen FISIP UI, Kandidat Doktor di LSE),  Selain itu Faldo Maldini (Ketua PPI UK, Mahasiswa Doktoral Imperial College London), Syahrul Hidayat (Honorary Fellow Exeter University, Dosen FISIP UI), Fadhilah Muslim (Dosen FTUI, Mahasiswa Doktoral Imperial College London) dan Alfan Prasekal (Mahasiswa program Master di Imperial College London).

         Tugas utama dari para formatur ini adalah menampung aspirasi dari para alumni UI   guna membentuk kepengurusan dari Iluni UI di Inggris Raya yang lengkap dengan perangkat organisasi terdiri dari diantaranya Ketua, Sekretaris serta Bendahara dalam waktu singkat. Setelah kepengurusan lengkap nantinya secara resmi Iluni UI cabang Inggris Raya terbentuk dengan diterbitkannya Surat Keputusan dari Ketua ILUNI UI.

            Para Alumni UI yang tersebar di seluruh belahan dunia merupakan kekuatan yang dapat mendorong perubahan baik di dunia akademik dan non-akademik, diharapkan jaringan ILUNI UI ini akan memberikan kontribusi positif untuk almamater dan bagi masyarakat Indonesia. ***3***
(ZG)
(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 14-10-2014 09:28

Tidak ada komentar: