Sabtu, 11 Oktober 2014

THE RAID

Gara-gara 'The Raid', masyarakat Inggris minati pencak silat

6 hari lalu | Dibaca 6644 kali
Ilustrasi - Pencak Silat(FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)
London (ANTARA News) - Olah raga pencak silat sebagai warisan Budaya Nusantara semakin diminati di Inggris sejak film The Raid, yaitu film aksi seni bela diri dari Indonesia yang disutradarai Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais diputar di bioskop Inggris.

Hal itu diungkapkan tokoh Federasi Pencak Silat Eropa, Aidinal Alrashid kepada Antara London, akhir pekan, sehubungan dengan digelarnya Turnamen musim gugur pencak silat yang digelar di Arena Queens park London, sebagai pemanasan kejuaraan dunia Pencak Silat yang akan digelar di Phuket, Thailand, Januari tahun depan.

Turnamen pemanasan untuk kejuaraan dunia pencak silat yang diikuti puluhan pesilat mancanegara juga dalam upaya menjadikan seni bela diri pencak silat menjadi salah satu cabang olah raga yang bisa dipertandingkan di Olimpiade 2024.

"Visi kami adalah menjadikan seni bela diri pencak silat menjadi salah satu cabang olah raga di Olimpiade 2024," ujar Aidinal Alrashid menambahkan meskipun pada saat ini jumlah anggota European Pencak Silat Federation (EPSF se-UK) masih sekitar 300an dan syarat menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade adalah 10 ribu anggota aktif di seluruh dunia.

Film The Raid menjadi media promosi paling efektif dalam meningkatkan minat masyarakat Inggris terhadap pencak silat. Promosi melalui film ini saya harapakan akan terus ada, ujarnya.

Turnamen musim panas pencak silat yang digelar sebagai pemanasan untuk kejuaraan dunia Pencak Silat di Phuket, Thailand dan Aidinal Alrashid mengakui kesulitan yang dialami organisasi pencak silat adalah minimnya bantuan finansial dari pemerintah.

Aidinal Alrashid mengakui tujuan federasi pencak silat adalah ingin menjadikan pesilat sebagai atlet profesional dan menyejahterakan mereka dan dengan dipromosikan pencak silat dalam film The Raid, maka olahraga silat semakin digandrungi.

Sementara itu pesilat Inggris Sean Kardar mengakui tertarik seni bela diri semenjak berusia 14 tahun, yang sebelumnya belajar tae kwondo, karate. Namun jatuh cinta pada silat saat menempuh pendidikan di high school karena gerakannya lebih indah selain seni bela diri.

Sean yang meraih medali Emas untuk kelas B di European Champion Championships di Perancis tahun 2008 dan meraih medali setiap tahun berturut turut di berbagai Negara di Eropa seperti Belgium Open di mana Sean meraih medali Emas dan keluar sebagai Best Fighter of tournamentuntuk kelas B.

Sean yang tahun 2014 meraih medali Emas dalam kejuaraan UK Spring inter-club championship juga berharap pencak silat bisa dipertandingkan di Olimpiade dan makin dikenal di dunia internasional. (ZG)

Tidak ada komentar: