Selasa, 23 Desember 2014

NATAL

WNI MERAYAKAN GALUNGAN KUNINGAN DAN NATAL BERSAMA
Oleh Zeynita Gibbons

London, 19/12 (Antara) - WNI yang terdiri atas komunitas Hindu Bali dan Kristiani di Ceko untuk pertama kalinya menggelar perayaan bersama Hari Raya Galungan dan Kuningan serta Natal di aula KBRI Praha.

Perayaan menggabungkan unsur-unsur budaya pada Hari Raya Galungan dan Kuningan serta Natal, seperti tarian Bali, nyanyian Dharma, lagu-lagu Natal serta pohon Natal, Gebogan, batu Paras dan Baan dekorasi dari daun lontar, ujar Sekretaris Ketiga dan Juru Bicara KBRI Praha Fitriyani Riduan kepada Antara London, Jumat.

Dalam acara ini tidak ketinggalan Santa Kluas yang berpakaian Bali, berjenggot dan memakai udeng-udeng, membagikan goodie bag kepada anak-anak kecil yang hadir.

Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Praha A Guntur Setyawan mengatakan, perayaan ini mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika. Bangsa Indonesia dimanapun berada, mengakui adanya keberagaman dan perbedaan, namun pada saat yang bersamaan adalah satu bangsa, yang saling menghormati, hidup rukun dan damai serta bergotong-royong.

Nilai-nilai tersebut merupakan pengejawatahan budaya tinggi yang telah diajarkan para leluhur, ujarnya.
Tokoh masyarakat Hindu Bali dan Kristiani di Ceko, Tjokorda Agung dan Pierre Kansil hadir memberikan sambutan.

Sejumlah elemen masyarakat hadir dan mendukung acara seperti warga Muslim, diaspora Indonesia dan Friends of Indonesia yang ada di Ceko.

Tari Panyembrana dan Legong masing-masing dibawakan Desak Nyoman Sukerti dan Uchita Nadia Reza Danaatmadja, penari yang juga bekerja sebagai terapis spa.

Dalam alunan Angklung Arumba, Dharma Wanita dan staf KBRI Praha mempersembahkan lagu Jingle Bells, We Wish You A Merry Christmas, Janger serta persembahan tari Kecak oleh staf KBRI Praha dan masyarakat.

Pada Hari Raya Galungan dan Kuningan, umat Hindu Bali melaksanakan ritual persembahyangan pada pagi harinya, sementara umat Kristiani melaksanakan ritual Kebaktian/Misa Natal.

Komunitas Hindu Bali merupakan salah satu komunitas terbesar WNI di Ceko, sebagian diantaranya bekerja sebagai terapis spa yang tersebar di pusat-pusat spa berbagai kota di Ceko.

Bagi publik Ceko, eksotisme Pulau Bali adalah bagian yang paling dikenal dari Indonesia dan merupakan tujuan wisata utama. Ceko merupakan salah satu negara Uni Eropa (EU) yang tidak memiliki laut atau landlocked country. ***3*** (ZG)



(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 19-12-2014 21:36:24


Tidak ada komentar: