Selasa, 23 Desember 2014

PONTIANAK

PROMOSI KULINER KHAS PONTIANAK DI LONDON

London, 17/12 (Antara) - Tim pengerak PKK Kabupaten Mempawah mengelar promosi Kuliner khas dari Pontianak khususnya Kabupaten Mempawah berupa nasi jagung Sinjeli bakar, tongkol pindang sepur dan sayur Lawar Pauh Sejagat di KBRI London.

Tim Pengerak PKK Kabupaten Mempawah merupakan pemenang lomba masakan Nusantara yang diadakan Kementerian Perdagangan RI tahun 2013, ujar Atase Perdagangan KBRI London, Rita Rosiana kepada Antara London, Selasa.

Dikatakannya lomba Memasak Makanan dan Minuman Khas Daerah merupakan salah satu kegiatan tahunan bergengsi dalam Pameran Pangan Nusa yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan RI setiap tahun.

Menurut Rita Rosiana, lomba ini bertujuan mengembangkan potensi daerah, khususnya keanekaragaman cita rasa nusantara, serta mendorong pengembangan produk kuliner nasional.

Promosi kuliner khas dari Pontianak di London dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mempawah Hj Erlina Ria Norsan, selain menyajikan makanan utama, juga dipromosikan kue dan minuman seperti kue Bingka Berendam dan minuman jeker bingka yang mengundang selera para undangan yang datang.

Makanannya yang disajikan oleh tim pengerak PKK Kabupaten Mempawah sangat nikmat dan beda dengan makanan biasanya, meskipun bahan yang digunakan sederhana dan cara masaknya pun sangat simple, ujar Lusi T Hermono, salah satu pengunjung yang ikut mencicipi promo kuliner dari Pontianak.

Lomba masak tingkat nasional ini merupakan puncak dari rangkaian lomba masak tingkat regional yang diikuti peserta dari Sumatera, Kalimantan dan NTB yang digelar di Kalimantan Barat yang juga diikuti 14 kabupaten yang dimenangkan Tim Pengerak PKK Kabupaten Mempawah.

"Saya senang bisa mempromosikan kuliner dari Kabupaten Mempawah di London," ujar Hj Erlina Ria Norsan, menambahkan meskipun perjuangan ke London cukup berat.

Menurut Ny Erlina , sedianya mereka akan mempromosikan kuliner dari Mempawah ini ke Amerika sebagai hadiah bagi pemenang lomba, namun karena berbagai hal akhirnya dipilih Inggris.

Untuk itu Ny Erlina menyampaikan penghargaannya kepada Dutabesar RI di Kerajaan Inggris Hamzah Thayeb beserta jajaran serta Bupati Mempawah yang mendanai sepenuhnya perjalanan promosi kuliner dan Gubernur Kalimantan Barat yang ikut mensuport.***3***
(ZG)

(T.H-ZG/B/E.S. Syafei/E.S. Syafei) 17-12-2014 05:21:39

Tidak ada komentar: