Selasa, 28 Maret 2017

POLANDIA

DPD RI AKUI POLANDIA PUNYA POTENSI JALIN KERJASAMA ENERGI DAN MARITIM  
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 25/3 (Antara) - Wakil Ketua Badan Kerja Sama antar Parlemen (BKSP) DPD RI, Prof Dr Dailami Firdaus bersama 14 anggota BKSP DPD mengadakan kunjungan kerja ke Polandia dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara terutama di bidang pendidikan, energi, pertanian, perdagangan, dan kemaritiman.
         Pensosbud KBRI Warsawa, Jorrie Andrean kepada Antara London, Sabtu mengatakan  delegasi BKSP DPD di Polandia mengawali  kunjungannya ke Warsawa University of Life Science,  universitas yang berusia 200 tahun salah satu universitas ilmu hayati terbaik di Polandia.
         Polandia salah satu negara yang dijadikan contoh terkait renewable energy. Selain itu, potensi bidang  pendidikan mengingat tingginya kualitas pendidikan tinggi di Polandia¿ ujar Prof. Dr. Dailami Firdaus pada jamuan makan malam yang diadakan Dubes RI Warsawa, Peter Frans Gontha .
         Pada kesempatan itu Dubes Gontha menyampaikan terima kasih kepada BKSP DPD RI dan menyampaikan Polandia memiliki potensi besar di berbagai bidang dan bisa dimanfaatkan oleh Indonesia.
         Universitas memiliki kerja sama dengan empat universitas di Indonesia yaitu IPB, Universitas Tadulako, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Padjajaran.     
    Delegasi berkesempatan mengunjungi Water Treatment Center dan berdiskusi dengan lima mahasiswa Indonesia yang mengenyam pendidikan di universitas tersebut. Sementara itu Pertemuan dengan Ketua Komisi Luar Negeri Senat Polandia, Marek Rocki membahas peluang kerja sama antara DPD dengan Senat Polandia dan  dengan Direktur Departemen Kerja Sama Internasional Kementerian Ekonomi Maritim, Anna Moskwa dibahas potensi kerja sama pendidikan maritim Indonesia dan Polandia.
         Pada kunjungan ke Kementerian Pendidikan Tinggi di Polandia, disebutkan Polandia berharap lebih banyak mahasiswa Indonesia meneruskan pendidikannya. Di bidang perdagangan dan ekonomi, Delegasi DPD mengunjungi Kamar Dagang Polandia, pabrik turbin listrik GE Power yang merupakan salah satu industri turbin/listrik terbesar di dunia.    
   Disebutkan sebagian besar daerah Pomerania menggunakan sumber energy terbarukan. Selain itu delegasi juga mengunjungi pelabuhan Polandia dan perusahaan Remontowa Shipbuilding yang bergerak di industri galangan kapal.      
    Kunjungan DPD RI di Polandia diakhiri dengan kunjungan ke Parlemen Daerah Pomerania yang membahas peluang kerja sama antar daerah Pomerania dengan provinsi di Indonesia. Rangkaian pertemuan tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran utuh akan potensi yang dapat digali untuk peningkatan hubungan bilateral Indonesia - Polandia ke depannya.***2***
(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 25-03-2017 17:38:39
end

Tidak ada komentar: