Sabtu, 09 Februari 2008

PARIWISATA TERPADU

KBRI SWEDIA LUNCURKAN SISTEM PARIWISATA TERPADU


London, 4/2 (ANTARA) - KBRI Stockholm mengelar kegiatan promosi pariwisata Indonesia, khusus ditujukan bagi para pelaku usaha pariwisata di Swedia kerjasama dengan Air France dan Destinationkompaniet Mitra Bumi AB, di Opera House, Stockholm.

Acara tersebut dihadiri sekitar 350 pelaku usaha pariwisata mulai dari "front liners", agen-agen pemesenan, pengembangan produk sampai pada manajemen senior dari berbagai agen pariwisata, operator wisata, kalangan perusahaan penerbangan serta biro-biro perjalanan yang ada di Swedia, kata Sekretaris I KBRI Stockholm, Dody Kusumonegoro pada ANTARA London, Minggu.


Dikatakan, Dubes RI untuk Kerajaan Swedia Linggawaty Hakim, menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada para pelaku usaha yang telah memberikan kontribusi bagi meningkatnya arus kedatangan wisatawan Swedia ke Indonesia.

Menurut Dody, KBRI Stockholm juga mengajak pelaku usaha pariwisata yang belum memasukkan produk pariwisata di Indonesia untuk ikut mendukung Visit Indonesia Year (VIY) 2008 dengan menjual produk pariwisata Indonesia.

Dalam acara di cafe yang sangat terkenal di kalangan selebriti di Swedia itu juga dilakukan peluncuran situs Destinationjava, yang merupakan kerjasama antara Destinationkompaniet Mitra Bumi AB dan Visit Technology Group AB.

Destinationjava diharapkan dapat menjadi sebuah platform yang dapat digunakan oleh para pelaku pariwisata di Swedia dengan mitra mereka di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, ujarnya.

Kerjasama tersebut diharapkan seluruh pelaku usaha pariwisata di Swedia dengan mudah mengakses seluruh Aset Pariwisata di Pulau Jawa, mulai dari hotel sekelas Melati hingga bintang lima, travel agent/tour operator yang berskala kecil hingga besar, serta berbagai tempat wisata lainnya.


Menurut Dody, Destinationjava menggunakan Citybreaka Destination Management System (CDMS) yang dikembangkan dan dikelola oleh Visit Technology Group AB, sebuah perusahaan Swedia yang berdomisili di Gothenburg.


CDMS ini telah digunakan oleh berbagai lembaga promosi pariwisata di tingkat nasional seperti Visitsweden, Swedish Travel and Tourism Council, City tourism Office seperti Wonderful Copenhagen dan Stockholm Visitors Board.

Ronggeng Betawi

Dalam acara peluncuran pariwisata dimeriahkan dengan kesenian Gamelan Orchestra yang dibawakan para pemain warga Indonesia dan Swedia asuhan KBRI Stockholm, serta sejumlah tarian seperti Ronggeng Betawi dan Pendet Bali.


Pada malam promosi wisata Indonesia itu juga ditayangkan film dan slide Pariwisata Indonesia, serta berbagai foto Pariwisata Indonesia yang bertemakan Alam, masyarakat dan seni budaya Indonesia.


Acara di Cafe Opera Stockholm merupakan salah satu upaya KBRI Stockholm untuk memfasilitasi para pelaku usaha pariwisata dari kedua negara agar dapat saling kontak usaha, ujarnya.


Diakuinya saat ini belum ada maskapai penerbangan Indonesia yang langsung terbang ke Eropa. Untuk itu kerjasama dengan maskapai penerbangan negara Eropa dan negara tetangga perlu ditingkatkan agar dapat bersaing dengan wilayah tujuan wisata lainnya.

Air France dalam kesempatan ini juga mempromosikan penerbangan dari Stockholm ke Bali melalui Paris dan Singapura yang menurut Manager Promosi Air France di Stockholm, Gerald Amoudruz, minat masyarakat Swedia untuk berkunjung ke Indonesia terus meningkat.


Untuk mejawab tantangan tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Qantas memberikan kemudahan untuk mencapai Indonesia dengan memberi tambahan pilihan destinasi selain Jakarta, yaitu Bali.

Berbagai penerbangan lain yang mulai aktif memasarkan Indonesia di Swedia antara lain Singapore Airlines, Thai Airways, Malaysian Airlines, dan Qatar Airways, demikian Dody.

(U-ZG)(T.H-ZG/B/S004/S004) 04-02-2008 09:27:25

Tidak ada komentar: