Senin, 18 Februari 2008

RATU TANYA HUTAN

RATU INGGRIS MENARUH PERHATIAN TERHADAP HUTAN DI INDONESIA


London, 16/2 (ANTARA) - Ratu Inggris Elizabeth II memberi perhatian terhadap kondisi hutan di Indonesia dan mempertanyakan apakah Indonesia masih memiliki hutan yang cukup luas.


Hal tersebut disampaikan Ratu Inggris kepada Panut Hadisiswoyo pelajar program Konservasi Primate Universitas Brookes Oxford pada acara penyerahan Queen Anniversary Award kepada pelajar dari 20 universitas termasuk kepada Panut Hadisiswoyo.


Patut yang juga pendiri dan sekaligus Director Sumatran Orangutan Society-Orangutan Information Centre (SOS-OIC) di London, Jumat mengatakan, saat ditanya Ratu Inggris, dirinya menyatakan bahwa hutan Indonesia masih luas walau mengalami degradasi yang membahayakan ekosistem.


"Sebenarnya agak sulit bagi saya menjawabnya tapi saya merasa senang karena ternyata Ratu Inggris juga punya kepedulian yang tinggi terhadap hutan Indonesia," kata Patut Hadisiswoyo kepada ANTARA.


Menurut dia, dirinya bersama rekannya dari Oxford Brookes University, Graham Wallace Phd Student dari Uganda terpilih untuk menerima Award dan Ratu berkesempatan untuk berbicara langsung dengan setiap perwakilan.


"Tiba giliran saya, ratu menyalami saya diiringi dengan senyuman khas ratu. Saya memperkenalkan diri dan Ratu langsung menanya bagaimana dengan Indonesia? apa masih punya hutan yang luas?," katanya.


"Saya jawab seadanya bahwa hutan Indonesia masih luas walau mengalami degradasi yang membahayakan ekosistem, ujar Panut yang mengakui bahwa pertanyaan yang dilontarkan Ratu Inggris sebenarnya sederhana namun memiliki pesan yang penting.


I berharap dengan kehadirannya di Istana Buckingham dan bertemu dengan ratu secara pribadi, ia dapat menyampaikan pesan secara langsung kepada masyarakat internasional tentang urgensi pelestarian lingkungan terutama penyelamatan hutan tropis Indonesia.


Acara Penyerahan Queen Anniversary Award dilaksanakan di Ruangan Tahta Kerajaan Ratu Inggris. Ratu Elizabeth II di dampingi Prince Philip duduk disinggasana kerajaan dan menyambut para tamu dengan hangat.


Para perwakilan universitas penerima Queen Award menerima plakat dan sertifikat award langsung diserahkan oleh Ratu Elizabeth dan Pangeran Philips.


Ke 20 Universitas yang menerima penghargaan itu diantaranya University of the Arts London, Conventry university, Telford College of Arts and Technology, University of Cambridge, Imperial College London, The City Literary Institute serta Oxford Brookes University.


Selain itu juga pelajar dari University of York, John Wheatley College, Cardiff University, Cranfield University, City and Islington College, University of Oxford, Lougborough University, Southern Regional College, University of Kent, University of Shefield.


Award juga diberikan The Guidhall School of Music & Drama, University of Greenwich, dan Joseph Chamberlain Sixth Form College. Ke semua universitas menerima queen award dengan prestasi yang beragam,


Oxford Brookes University tempat Panut belajar menerima penghargaan atas prestasi Departmen Primate Conservation dalam mendidik para pencinta lingkungan untuk berperan penting dan memberikan pengaruh positif bagi pengelolaan dan kebijakan konservasi primata dan hutan tropis di seluruh dunia.(U-ZG/B/Z003)(T.H-ZG/B/Z003/Z003) 16-02-2008 10:51:25

Tidak ada komentar: