Jumat, 11 Februari 2011

WISATAWAN BELGIA

MINAT WISATAWAN BELGIA KE INDONESIA TINGGI

London, 12/2 (ANTARA) - Minat wisatawan asal Belgia berlibur ke Indonesia sangat tinggi dengan banyaknya pengunjung yang tertarik akan keindahan Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata masyarakat Eropa dalam pameran pariwisata Vakantie Salon Brussel yang digelar baru baru ini di Brusel.

Brussels Holiday Show atau yang lebih dikenal sebagai Vakantie Salon Brussel merupakan pameran pariwisata terbesar di Belgia yang diadakan setiap tahun, ujar Sekretaris Ketiga Pensosbud/Diplik KBRI Brussel Royhan N. Wahab dalam keterangannya yang diterima ANTARA London, Sabtu.

"Indonesia adalah salah satu negara yang paling indah yang pernah saya kunjungi," ujar Constandt Christine, warga Belgia dari Kota Natoye yang terletak di sebelah tenggara Belgia yang berkunjung ke stand Indonesia di Hall Tujuh Brussel Expo.

Menurut Roy, pameran yang berlangsung selama tiga hari itu dikunjungi lebih dari 110.000 pengunjung yang datang dari berbagai penjuru negeri Belgia dan juga negara tetangga. "Jumlah pengunjung yang datang pada tahun ini mengalami kenaikan sekitar lima persen dari tahun sebelumnya," ujarnya.

KBRI Brussel menampilkan berbagai brosur maupun buklet mengenai daerah-daerah wisata unggulan di Indonesia serta menampilkan tari-tarian tradisional Indonesia dengan menampilkan grup gamelan Bali binaan KBRI Brussel.

Selain itu, Garuda Indonesia yang memiliki kantor perwakilan di Amsterdam ikut bersama KBRI Brussel memberikan paket-paket wisata bersama Garuda Orient Holidays.

Roy mengatakan, stand Indonesia seluas 48 meter persegi didesain khusus dengan nuansa tropis ke-Indonesiaan yang oleh masyarakat Eropa dianggap sangat eksotis.

Seluruh konstruksi stand maupun barang pajangan yang ditampilkan dalam stand Indonesia tersebut, berasal dari Indonesia. Hal ini merupakan komitmen KBRI Brussel untuk menunjukkan berbagai potensi unggulan Indonesia.

Menurut Roy, keikutsertaan Indonesia dalam pameran pariwisata ini merupakan yang pertama kalinya setelah yang terakhir diikuti pada 2007 lalu.

Panitia penyelenggara menyambut gembira dan menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan Indonesia tersebut. Hal ini ditunjukkan panitia dengan kembali menawarkan Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa pada 2012 sebagai Honor Guest Country.

Promosi Indonesia ini dilakukan KBRI Brussel sebagai bagian upaya promosi wisata Indonesia di Belgia.

Sukses Indonesia di Brussel ini telah menarik minat penyelenggara expo wisata masyarakat berbahasa Prancis di Propinsi Charleroi agar Indonesia berpartisipasi dalam Salon Idees Vacances 2011 yang akan berlangsung dari 15 hingga 20 Februari mendatang.

Indonesia berkomitmen untuk berpartisipasi dalam Salon Idees Vacances 2011 tersebut, demikian Royhan N. Wahab.

(T.H-ZG/B/A026/A026) 12-02-2011 07:57:29

Tidak ada komentar: