Jumat, 28 Oktober 2011

BUKU KOMODO

BUKU KOMODO DILUNCURKAN DI PAMERAN BUKU FRANKFURT

London, 12/10 (ANTARA) - Buku tentang Kepulauan Komodo berjudul "A Prayer to Conserve the Natural Beauty of Komodo Islands Indonesian Archipelago" diluncurkan di stand Indonesia pada Pameran Buku Internasional di Frankfurt Jerman, Rabu.
Buku Kepulauan Komodo beserta sejumlah karya tulis dan karya seni asal Indonesia lainnya diusung Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) mewakili Indonesia pada ajang tahunan dihadiri berbagai negara, demikian keterangan yang diterima Antara dari penerbit Canting Exploring Indonesia, Rabu.

Pada pameran yang berlangsung dari tanggal 11 hingga 16 Oktober 2011 itu, IKAPI bekerja sama dengan KJRI Frankfurt mengundang pengarang buku Kepulauan Komodo, Ibu Habsari Budhi Utami untuk berpartisipasi langsung menjadi pembicara pada acara "talk show" di stand Indonesia.

Buku tentang Kepulauan Komodo ini diterbitkan Canting Exploring Indonesia dengan format buku fotografi dan dalam bahasa Inggris yang mengangkat tema keindahan alam, satwa, dan kesederhanaan masyarakat di Kepulauan Komodo dirangkai menjadi rangkaian ungkapan doa yang hadir pada hampir setiap halamannya.

Pembaca secara tidak langsung diajak turut mengucapkan doa sembari menikmati setiap halaman buku ini sebagai ungkapan syukur sekaligus permohonan kepada Yang Maha Kuasa demi kelestarian keindahan alam di Kepulauan Komodo tersebut.

Menurut Ibu Habsari, buku ini disusun oleh tim beranggotakan enam orang dengan komposisi latar belakang, keahlian, umur, dan keyakinan berbeda namun dengan misi dan cita-cita yang sama .

"Kami ingin membuka mata dunia memberikan inspirasi akan keindahan alam Indonesia, serta di Kepulauan Komodo dan menunjukkan bagaimana sekumpulan orang Indonesia amatir dapat menghasilkan karya buku yang tidak kalah dengan buku terbitan luar negeri," katanya.
Ia mengatakan, karya itu merupakan sebuah keprihatinan pengarang karena buku-buku tentang Indonesia yang terbit acap kali justru ditulis bukan oleh orang Indonesia sendiri.

Buku ini sudah dapat diperoleh khalayak melalui toko buku Times Bookstore walaupun masih terbatas di wilayah Jakarta dan Bali.

Seluruh hasil penjualan buku disumbangkan untuk anak-anak yang miskin di Kepulauan Komodo dan NTT dalam rangka mendukung kegiatan pendidikan dengan harapan melalui pameran itu makin luas kalangan yang tergerak dan berpartisipasi, ungkap Ibu Habsari.

Canting Exploring Indonesia merupakan penerbit buku yang tidak berorientasikan komersial sebagai bagian dari Canting Rumah Kreasi yang merupakan rumah produksi yang dibentuk Ibu Habsari bersama rekannya Derry Sunarso menjadi wadah kreasi bagi bakat muda Indonesia dalam industri kreatif di tanah air.

Diantara karya yang dilahirkan Canting ini antara lain iklan komersial dan non komersial untuk berbagai perusahaan dan organisasi, filler, dan company profile. Canting berkomitmen akan terus melahirkan karya kreatif termasuk buku-buku berikutnya yang bertemakan Indonesia.***6***
(ZG)
(T.H-ZG/B/B013/B013) 12-10-2011 05:50:48

Tidak ada komentar: