Jumat, 28 Oktober 2011

KADIN INDONESIA DUKUNG INVESTASI KEUANGAN SYARIAH UAE

London, 24/10 (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Pusat, Suryo Bambang Sulisto, mendukung investasi keuangan dan perbankan syariah UAE di Indonesia.

Komitmen tersebut disampaikan Ketua umum Kadin Indonesia langsung pada saat pertemuan dengan Delegasi UAE Islamic Financial Services (UIFS) yang terdiri dari 30 CEO perbankan yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kunjungan Delegasi UIFS ke Indonesia, yang diprakarsai oleh KJRI Dubai, baru baru ini.

Sekretaris Pertama/ Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya, kepada ANTARA London, Senin, menyebutkan Ketua Umum KADIN Indonesia yang didampingi Fachry Thaib, Ketua KADIN Komite Timur Tengah dan Negara-Negara OKI dalam pertemuan dengan delegasi UEA.

Dalam paparannya di hadapan sekitar 30 CEO/ Managing Director perbankan dan institusi keuangan syariah terkemuka UAE, Suryo menggarisbawahi capaian kemajuan perekonomian Indonesia sebagai "Emerging Economy" di tengah krisis global sejak 2008 dengan pertumbuhan positif sekitar 6,5 persen.

Selain itu, disebutkan adanya peningkatan sekitar 30 persen performa investasi dan perdagangan Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Kekuatan tersebut telah membuka peluang investasi di sektor keuangan dan perbankan, termasuk dalam sistem syariah, bagi investasi asing.

Dari 34 bank syariah nasional yang ada di Indonesia, katanya, pangsa pasar perbankan syariah telah mencapai 3,3 persen pada 2010 dengan total aset 13 milyar dollar AS dan diharapkan akan meningkat menjadi 3,7 persen pada 2011.

Angka tersebut masih jauh dari potensi yang sesungguhnya sehingga diyakini peluang investasi sektor keuangan dan perbankan syariah di Indonesia masih besar dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor asing.

Untuk itu, Ketua Umum KADIN Indonesia kembali menegaskan komitmen Kadin Indonesia serta seluruh anggotanya untuk memfasilitasi dan mendukung penuh keinginan Delegasi UIFS untuk menanamkan modalnya di Indonesia, tidak hanya pada sektor keuangan dan perbankan syariah, namun juga sektor industri, infrastruktur, pertanian, perdagangan dan sektor-sektor lainnya.

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Dubai, Mansyur Pangeran, yang turut mendampingi Delegasi UIFS selama kunjungan ke Indonesia menyampaikan apresiasi yang tinggi atas perhatian dan dukungan Ketua Umum Kadin Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus dan anggotanya terhadap misi kunjungan Delegasi UIFS.

Dengan dukungan penuh Kadin Indonesia, keinginan kuat para investor UAE untuk berinvestasi di Indonesia semakin mudah direalisasikan.

Lebih lanjut, Mansyur mengharapkan melalui pertemuan tersebut akan dicapai kerja sama bisnis yang erat antara para investor keuangan syariah UAE dengan mitra kerja terkait di Indonesia.

Keinginan kuat Delegasi UIFS untuk menanamkan investasinya pada sektor keuangan dan perbankan syariah serta sektor-sektor lainnya di Indonesia diharapkan dapat segera terealisasikan, kata Suryo.

Para CEO sebelumnya telah bertemu dengan berbagai pihak yang terkait mengenai ketentuan, peraturan, dan kebijakan mengenai perbankan syariah dan perbankan konvensional dan telah pula bertemu dengan para bankir Indonesia serta ketua dan anggota asosiasi perbankan syariah.

Selain itu, mereka juga mengikuti seminar sehari di Hotel Indonesia Kempinski mengenai tantangan dan peluang investasi di bidang perbankan syariah di Indonesia.

Mereka sangat puas atas kunjungan tersebut dan menyatakan telah membuka keinginan mereka untuk melakukan kerja sama, kemitraan ataupun investasi di bidang keuangan dan perbankan syariah. Mereka juga menyampaikan apresiasinya kepada KJRI Dubai yang telah merencanakan dan mengatur pertemuan serta mendampingi selama kunjungan delegasi tersebut.

Selain bertemu Ketua Umum KADIN Indonesia Pusat, Delegasi UIFS mengadakan pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI, Staf Ahli Menteri Keuangan RI Bidang Penerimaan Negara, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ketua Umum Himbara, Ketua Umum Perbanas, Ketua Umum IBI, Ketua Asbisindo, Ketua AAJI serta melakukan B to B Meeting dengan pimpinan perbankan terkemuka nasional baik swasta maupun nasional dan para pelaku usaha terkait lainnya.

Dalam memimpin delegasi UAE tersebut Konjen RI Mansyur Pangeran didampingi Heru Sudradjat, Counsellor Ekonomi dan Fajar Nuradi, Sekretaris Pertama Ekonomi. ***5***
(ZG/
(T.H-ZG/B/A027/A027) 24-10-2011 08:10:32


Tidak ada komentar: