Kamis, 06 Oktober 2011

PENGUSAHA EMIRAT

PENGUSAHA EMIRAT FUJAIRAH HADIRI TRADE EXPO INDONESIA

London, 7/10 (ANTARA) - Dirjen Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Fujairah, Khalid Mohammed Al Jassim mengatakan pengusaha Emirat Fujairah akan menghadiri Trade Expo Indonesia 2011 yang akan dipimpin Menteri Perdagangan Luar Negeri PEA atau Undersecretary Kementerian Perdagangan Luar Negeri PEA.

Hal itu disampaikan Dirjen Al Jassim dalam pertemuan bisnis yang diadakan Konjen RI di Dubai, Mansyur Pangeran bersama Counsellor Ekonomi Heru Sudrajat dan Sekretaris Pertama Ekonomi Fajar Nurhadi dengan KADIN Fujairah, salah satu Emirat di wilayah utara PEA yang berjarak 180 km dari Dubai.

Sekretaris Pertama/ Konsul Fungsi Pensosbud KJRI Dubai, Adiguna Wijaya dalam keterangannya yang diterima Antara London, Jumat menyebutkan pertemuan tersebut bertujuan untuk mendiseminasikan kegiatan pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2011 yang akan berlangsung di Jakarta, dari tanggal 19 hingga 23 Oktober 2011.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor KADIN Fujairah tersebut hadir sejumlah Anggota Dewan KADIN Fujairah, yaitu Rashed Al Eter, Ali Khalfan Abdullah Al Kindi dan Salem Ali Salem Al Dhanhani serta 11 pengusaha Fujairah.

Dirjen Al Jassim menyebutkan selama ini para pengusaha Fujairah sudah mengenal berbagai produk Indonesia yang diakui kualitasnya. Banyak produk perabotan dan CPO dari Indonesia yang telah beredar luas di Fujairah. Kegiatan TEI 2011 diharapkannya menjadi momentum untuk lebih mengenal dan juga menjajaki berbagai produk Indonesia lainnya .

Dalam kesempatan ini, Konjen Mansyur menyampaikan presentasi mengenai kemajuan ekonomi dan pembangunan nasional Indonesia dan saat ini Indonesia telah menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Asia dan menempati peringkat 17 dalam kelompok G-20.

Di tengah krisis global di mana negara lain mengalami pertumbuhan minus, perekonomian Indonesia masih mencatat pertumbuhan positif serta terjadi peningkatan jumlah masyarakat kelas menengah (middle class) yang mencapai 17 persen dari total populasi 240 juta penduduk.

Hal ini merupakan salah satu faktor pendukung bagi meningkatnya permintaan domestik Indonesia, di mana pengusaha Fujairah dapat mengambil manfaat ekonomi yang lebih luas.

Konjen Mansyur menjelaskan bahwa TEI 2011 sebagai ajang pameran terbesar di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun oleh pemerintah RI ini merupakan "display" produk-produk unggulan dari berbagai sektor di Indonesia.

Dalam TEI 2010 tercatat peningkatan jumlah pengunjung dari tahun sebelumnya mencapai lebih dari 9.000 pembeli dari 102 negara dengan capaian transaksi mencapai 369,3 juta dolar AS.

Sementara Dirjen Kadin Fujairah Khalid Mohammed Al Jassim menyampaikan penghargaan atas inisiatif KJRI Dubai mengadakan pertemuan bisnis dengan Kadin Fujairah dalam rangka mempromosikan hubungan kerja sama ekonomi kedua negara.

Kementerian Perdagangan Luar Negeri PEA melalui kantornya di Dubai akan memfasilitasi sampai dengan 60 pengusaha yang tergabung dalam misi dagang PEA ke TEI 2011 dengan paket kunjungan ke Jakarta melalui pemberian insentif tiket pesawat, akomodasi hotel dan transportasi lokal kepada masing-masing peserta senilai Dhs.16.900 termasuk kunjungan ke Ghuangzou, China.

***6***
(Tz.ZG)
(T.H-ZG/C/S004/S004) 07-10-2011 08:37:05

Tidak ada komentar: