Senin, 21 November 2011

ECO TURIS

ECO TURIS TARIK PERHATIAN WARGA JERMAN

London, 14/11 (ANTARA) - Eko turis menarik minat calon wisatawan Jerman yang memadati anjungan Indonesia pada pameran pariwisata Internasional "Reiselust 2011" yang berlangsung di Kota Bremen, baru baru ini.

KJRI Hamburg dalam keterangan yang diterima ANTARA London, Senin menyebutkan pada umumnya pengunjung tertarik pada eco-tourism, adventure, dan obyek budaya di Indonesia bagian Timur seperti Bali, Nusa Tenggara (Lombok dan Flores), Kalimantan dan Sumatera.

Keikutsertaan KJRI Hamburg dalam upaya promosi pariwisata Indonesia di Jerman, khususnya wilayah Jerman Bagian Utara seperti Schleswig Holstein, Hamburg, Bremen dan Niedersachsen.

Disebutkan pameran tersebut merupakan pameran pariwisata tahunan yang diselenggarakan setiap November bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat Jerman, utamanya di Jerman bagian Utara, mengenai beragam destinasi wisata dan mengakomodasi minat untuk memilih daerah tujuan wisata sebagai tempat berlibur.

Hal ini terkait dengan tradisi masyarakat Jerman yang cukup konsumtif terhadap kebutuhan wisata, baik domestik maupun internasional.

Sekitar 100 negara dari seluruh penjuru dunia dan berbagai daerah di Jerman turut serta dalam pameran ini. Untuk kawasan Asia Tenggara, selain Indonesia terdapat booth dari Filipina, Thailand dan Vietnam. Sementara negara-negara Asia yang ikut berpartisipasi dalam pameran, antara lain : Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Cina, India, dan Nepal.

Pameran diikuti 253 perusahaan, terdiri dari tour operator, travel agent, dinas pariwisata, maskapai penerbangan, operator kapal cruise dan industri perhotelan menawarkan berbagai produknya.

Tercatat jumlah pengunjung setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan. Pada pameran tahun 2010 tercatat jumlah pengunjung sebanyak 28.067 orang, sedangkan pada tahun ini jumlah tersebut meningkat menjadi 29.775 orang.

Dalam pameran ini, KJRI Hamburg bekerjasama dengan "Airways Travel" yang merupakan tour operator berkedudukan di Frankfurt menyewa booth ukuran 12 m2 yang didekor dengan pajangan standing banner menampilkan keindahan sejumlah destinasi wisata Indonesia.

Selain itu, terdapat peta Indonesia dan tayangan visual mengenai keindahan panorama nusantara, serta penyebaran brosur yang berisi informasi mengenai daerah-derah tujuan wisata di enam provinsi yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

Selama tiga hari berturut-turut booth Indonesia selalu ramai dikunjungi para calon wisatawan yang tertarik berlibur ke berbagai tempat di Indonesia. Pada kesempatan ini, KJRI Hamburg berhasil membagikan brosur dan leaflet lebih dari 1000 eksemplar.

Selama pameran berlangsung tercatat 30 kelompok calon wisatawan rata-rata terdiri dari dua sampai empat orang langsung membeli paket wisata yang ditawarkan Airways Travel. Di samping itu, tercatat 112 pengunjung pameran yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai paket wisata yang dijual.

Selain Airways Travel terdapat 10 booth dari tour operator yang menjual paket perjalanan ke Indonesia seperti Asian Adventure dari kota Mettmann, Chili Reisen di kota Bremen, Djoser Reisen GmbH, World Insight di kota Koln, Dr. Tigges Studienreisen di kota Kiel, Gebeco GmbH di kota Kiel, Hapag-Lloyd Kreuzfahrten GmbH di kota Hamburg, Kreuzfahrtberater GmbH di kota Ahrensburg, STA Travel dan Takeoff Reisen di kota Hamburg.***5*** (ZG)
(T.H-ZG/B/S006/S006) 14-11-2011 14:50:24

Tidak ada komentar: