Senin, 21 November 2011

IDUL ADHA MAROKO

MASYARAKAT INDONESIA DI MAROKO IDUL ADHA SENIN

London, 9/10 (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di Maroko merayakan Idul Adha 1432 Hijriah pada Senin (7/11), berbeda dengan Indonesia dan Arab Saudi pada 6 November.

Untuk wilayah Maroko perayaan Idul Adha bagi warga Indonesia dipusatkan KBRI Rabat.

Sekretaris III/Pelaksana Fungsi Pensosbud, Suparman Hasibuan kepada ANTARA London, Rabu menyebutkan, perayaan diadakan di Ruang Serba Guna KBRI Rabat dan diikuti sekitar 100 WNI yang berdomisili di Maroko.

Acara diawali dengan shalat id bersama dan dilanjutkan dengan ramah tamah serta pemotongan hewan kurban.

Bertindak sebagai khatib dalam Shalat Idul Adha adalah Fahmi Islami Jiwanto, seorang mahasiswa Indonesia Program S3 di Universitas Sidi Mohamed Ben Abdellah, Kota Fes, Maroko, dan bertindak sebagai imam adalah Fahrurrazi M Yunus, mahasiswa Indonesia Program S3 di Universitas Moulay Ismail, Kota Meknes, Maroko.

Khatib menyampaikan bahwa perayaan Idul Adha hakekatnya adalah peristiwa kemanusiaan yang terjadi pada diri Nabi Ibrahim AS yang menjadi simbol ketaqwaan manusia dalam menaati perintah Allah SWT.

Sikap dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS secara totalitas kepada Sang Pencipta merupakan lambang bagi pelayanan manusia terhadap Sang Khaliq. Penerapan nilai-nilai dan etika moral dari peristiwa tersebut harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Usai shalat id, acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan mencicipi hidangan khas Indonesia serta pemotongan hewan kurban di halaman belakang gedung KBRI Rabat.

KBRI Rabat tahun ini memotong enam ekor domba, yang disumbangkan masing-masing oleh Dubes RI, Kepala Kanselarai, staf KBRI, masyarakat Indonesia dan Raja Maroko Mohammed VI.

Setiap perayaan Idul Adha, Raja Mohammed VI selalu memberikan sumbangan satu ekor domba kepada institusi atau perwakilan asing dari negara Islam di Rabat.

Usai pemotongan, hewan kurban tersebut sebagian dimasak gulai dan sate untuk kemudian disantap bersama di KBRI dan sebagian lagi disumbangkan kepada WNI dan masyarakat lain di sekitar Rabat. ***6*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S023/S023) 09-11-2011 14:20:51

Tidak ada komentar: