Kamis, 23 Agustus 2012

DUBES RI MADRID


DUBES: INDONESIA PERLU BELAJAR DARI BILBAO

          London, 21/7 (ANTARA) - Dubes RI di Madrid Adiyatwidi Adiwoso Asmady menyampaikan transformasi kota Bilbao dapat memberikan inspirasi bagi kota-kota besar di Indonesia untuk peningkatan kualitas hidup dan tata kota.

         Hal itu disampaikan Dubes dalam kunjungan kerjanya di kota Santander, San Sebastian, dan Bilbao dalam rangka promosi perdagangan, investasi dan pariwisata, ujar Counsellor Theodorus Satrio Nugroho kepada ANTARA London, Sabtu.

         Menurut Dubes, sebagai kota Industri, Bilbao mempunyai banyak permasalahan lingkungan dan menjadi tempat yang tidak layak untuk tinggal.

         Dalam kunjungannya ke kota Santander, San Sebastian, dan Bilbao dalam rangka promosi perdagangan, investasi dan pariwisata Dubes didampingi oleh Fungsi Ekonomi dan Atase Perdagangan.

         Dalam pertemuan dengan Wakil Walikota Bilbao dijajaki potensi kerja sama antara kota Bilbao dan Indonesia. Wakil Wali Kota menyampaikan bahwa Bilbao sebelumnya merupakan kota industri baja dan galangan kapal.

         Industri Bilbao pernah hancur ketika krisis tahun 1956. Pascakrisis, Pemerintah Kota Bilbao melakukan reformasi dan transformasi untuk membangun kota industri ramah lingkungan dan industri yang terdiversifikasi, ujarnya.

         Upaya tersebut memakan waktu sedikitnya selama 15 tahun, dan berhasil dilakukan perbaikan struktur dan tata kota.

         Saat ini, kota Bilbao menjadi kota post-industri yang ramah lingkungan dan memiliki moda transformasi beragam yang baik dan pusat-pusat kegiatan budaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

         Dalam kesempatan tersebut Dubes RI menyampaikan bahwa banyak kota di Indonesia yang perlu belajar dari Bilbao. Jakarta yang tumbuh dengan cepat sedang mengalami masalah lingkungan yang cukup serius.

         Dikatakannya, transformasi kota Bilbao dapat memberikan inspirasi bagi kota-kota besar di Indonesia untuk peningkatan kualitas hidup dan tata kota. 
    Pemda kota Bilbao menyambut baik keinginan untuk bekerja sama dan pertukaran pengalaman melalui kunjungan delegasi pemerintah kota dari Indonesia.

         Selain itu, juga menyambut kunjungan tim kebudayaan Indonesia untuk melakukan pertunjukan kesenian dan budaya Indonesia di Bilbao, mengingat Bilbao menjadi salah satu kota budaya di Spanyol.

         Sementara itu, Wakil Wali Kota Santander mengundang delegasi Indonesia terutama dari pemerintah daerah untuk mengetahui lebih lanjut upaya Pemerintah Kota Santander membangun Smart City.

         Untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan teknik, disepakati melakukan penjajakan kerja sama di bidang konstruksi melalui seminar khusus mengenai poryek-proyek yang ditawarkan oleh Indonesia. Selain difasilitasi kerja sama bidang kebudayaan melalui pertunjukan seni atau budaya Indonesia di Santander.

         Dalam pertemuan dengan Wali Kota San Sebastian, Dubes diterima Wali Kota San Sebastian, Juan Karlos, dan menyampaikan perlunya memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat di San Sebastian melalui pertukaran kebudayaan, dan mempelajari manajemen pariwisata dan pemeliharaan lingkungan wisata dan situs wisata di kota tersebut.

         Sektor pariwisata menyumbang 9--10 persen dari pendapatan Pemda San Sebastian yang sedang berjuang untuk menjadi salah satu kota pusat kebudayaan Eropa pada tahun 2016, demikian Wali Kota San Sebastian. ***2***
(T.H-ZG/B/D007/D007) 21-07-2012 14:05:37

Tidak ada komentar: