Kamis, 23 Agustus 2012

NUANSA JAWA



NUANSA JAWA WARNAI 15 TAHUN GAMELAN GARDIFF

         London, 23/7 (ANTARA) -  Paduan nuansa Jawa dan Wales mewarnai peringatan 15 tahun Gamelan Cardiff di Inggris Raya dalam acara tahunan Gamelan Cardiff Prom yang berlangsung di St David's Hall Cardiff, Wales, Minggu (22/7).

        Pengarah program kegiatan Pengabdian Masyarakat PPI United Kingdom, M Fauzan Adziman kepada ANTARA London, Senin mengatakan, acara 'Cultural Olympiad' di Wales merupakan rangkaian festival menyambut Oliampiade 2012 London.

        Dalam pertunjukkan peringatan 15 tahun Gamelan Cardiff di Inggris Raya hadir Atase Pendidikan dan Kebudayaan, TA Fauzi Soelaiman sebagai wakil dari KBRI London.

        Fauzi Soelaiman mengakui upaya pelestarian budaya Indonesia oleh grup musik di mancanegara seperti Gamelan Cardiff merupakan hal unik yang patut didukung.

        Gamelan Cardiff adalah grup musik gamelan beraliran Jawa berawak sekitar 15 orang dan mayoritas anggota adalah penduduk asli setempat, Wales. "Gamelan Cardiff dimulai sejak tahun 1998," ujar Helen Woods, ketua grup sekaligus komposer musik.

        Gamelan Cardiff Prom yang pada tahun lalu menyajikan lebih banyak tembang khas Jawa, tahun ini tembang khas Jawa hanya ditampilkan di awal pertunjukan dengan sajian "Mugi Rahayu".

        Komposisi gending jenis Ladrang mengiringi tembang besutan Gamelan Cardiff bertajuk 'Clear River', lalu alunan komposisi Ketawang dipadu dalam alunan lagu daerah Wales berjudul "Lisalan". Tak heran, penonton tak henti-hentinya bertepuk tangan.

        "Iringan kontemporer Wales dalam gamelan Jawa, sungguh membanggakan," ujar Elly Mills, salah satu penonton setia yang sudah 4 tahun terakhir menikmati gamelan di Wales, negara bagian Inggris berpenduduk 3 juta jiwa ini.

        Acara ditutup dengan paduan gamelan dan cerita saduran David Woods, terinspirasi cerita rakyat Wales yang diberi judul 'Elemental'. Di sini, alunan gamelan diiringi cerita berdurasi sekitar 1 jam mendongengkan perjalanan seorang putri.

        'Elemental' pertama kali dibawakan Gamelan Cardiff dalam mega acara 'Cultural Olympiad' di Wales yang merupakan rangkaian festival menyambut Oliampiade 2012 di London.

        Tidak berhenti di pertunjukan, "kami juga memperkenalkan gamelan untuk anak sejak usia dini dalam program `Gamelan Gang", sampai dengan program workshop yang cocok untuk mahasiswa," ujar Rhian Workman, salah satu pemusik Gamelan Cardiff.

        Diakuinya  sangat puas belajar, memainkan dan mengajarkan gamelan sampai ke sekolah-sekolah,  tidak luput sekolah luar biasa, apalagi selama ini mendapat sambutan positif.

        Gamelan Cardiff diawali dari hadirnya Halle Gamelan, kelompok dari Manchester Orchestra yang singgah di Wales 15 tahun lalu. Helen belajar langsung dari Maria Mendonza, tokoh di Halle Gamelan.

        Tidak hanya dari sini, salah satu kolega Helen pendiri Gamelan Cardiff, Betty Griffith bahkan sempat terbang ke Yogyakarta untuk mengamati gamelan di sana.

        Kemudian, alat instrumen gamelan asli dari Indonesia pengadaannya didukung oleh St David's Hall and New Theatre Trust (sekarang Arts Active Trust), Cardiff.   ***1***
(T.H-ZG/B/S023/S023) 23-07-2012 13:24:21

               

Tidak ada komentar: