Selasa, 25 November 2014

ADARO

ADARO RAIH GREEN APPLE AWARDS DI LONDON

          London, 14/11 (Antara) - Keseriusan PT Adaro Energy Tbk mengelola air  tambang di wilayah operasi pertambangannya berbuah manis dengan mendapatkan penghargaan internasional bergengsi "International Green Apple Awards 2014" untuk kategori "Best Environmental Practice" peringkat Gold di London, pekan ini.

         Perwakilan Adaro Okty Damayanti kepada Antara, Jumat mengatakan dalam acara itu juga hadir. Dubes LBBP Republik Indonesia untuk Inggris, Irlandia dan International Maritime Organization (IMO) Teuku Mohammad Hamzah Thayeb.

         Penghargaan diserahkan   perwakilan Green Organization, Karl Tullet, kepada perwakilan Adaro, Corporate Social Responsibility (CSR) Division Head PT Adaro Energy, Tbk, Okty Damayanti pada malam penganugerahan yang bertempat di House of Commons, House Of Parliament, Palace of Westminster London.
   Dubes Hamzah Thayeb mengatakan bahwa ia merasa bangga dengan prestasi Adaro di ajang internasional karena akan mampu mengangkat reputasi Indonesia dan memberikan inspirasi bagi perusahaan perusahaan Indonesia lainnya.

        Penghargaan Best Environmental Practice diberikan kepada Adaro sebagai bentuk penghargaan atas ¿Sustainable Clean Water Program¿ yang dinilai telah komitmen menjalankan setiap kegiatannya sesuai dengan prinsip tanggung jawab lingkungan dan sosial.

         Sustainable Clean Water Program merupakan program peningkatan akses air bersih yang diperuntukkan bagi masyarakat di wilayah terdekat operasional Adaro di Kalimantan Selatan.

        Sumber air yang didistribusikan diantaranya air tambang yang diolah menjadi air yang sesuai standar baku mutu air bersih dan layak untuk dikonsumsi.

         Dalam kurun waktu 10 tahun, Adaro memfasilitasi pengadaan air bersih untuk 6658 jiwa di 13 desa di Kabupaten Tabalong (wilayah operasi pertambangan batubara Adaro).

         Selain itu sebanyak 1363 KK (Kepala Keluarga) di sembilan desa di Kabupaten Balangan juga mendapatkan akses air bersih melalui sambungan rumah tangga, sehingga saat ini 99 persen KK di wilayah tersebut telah mendapatkan akses air bersih.

        Hal ini merupakan kali pertama Adaro meraih penghargaan International Green Apple Awards yang diikuti oleh berbagai organisasi dan perusahaan di seluruh dunia seperti NMC Nomenca, Alliance Cleaning, Egentsplace.  
   Green Organization sebagai pemberi penghargaan ini merupakan organisasi internasional independen non profit berbasis di London, United Kingdom yang sejak tahun 1994 mendedikasikan kegiatannya berfokus pada kegiatan penyelamatan lingkungan.

        Sejumlah organisasi ataupun perusahaan pernah mencatatkan namanya sebagai salah satu penerima penghargaan ini diantaranya Hasto , Nykeurope, Gnewtcargo.

         Okty Damayanti mengatakan penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dunia internasional atas komitmen Adaro yang terus mengobarkan semangat energi positif dengan menciptakan nilai maksimum berkelanjutan dari batu bara Indonesia namun tetap menjaga keselarasan lingkungan dan masyarakat sesuai Good Mining Practices.

         Dikatakannya penghargaan ini tentu menjadi motivasi tersendiri bagi Adora. Lebih lanjut Okty menambahkan pihaknya menyadari akan  bisnis yang dilakukan  telah melebar ke skala global. Untuk itu tanggungjawab kepada masyarakat dan lingkungan harus terus menerus dilaksanakan dengan konsisten dan berkelanjutan, salah satunya dengan penerapan prinsip  3 P ( profit, planet and people) yang seimbang dalam kegiatan.

        Adaro selalu menggunakan pendekatan dalam pengelolaan lingkungan yang baik dan selalu menjadi bagian penting dari praktek penambangan . Keselarasan dengan lingkungan dan masyarakat inilah yang terus dijaga dan membentuk pilar kuat bagi bisnis perusahaan, demikian Okty Damayanti.(ZG)
(T.H-ZG/B/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 14-11-2014 23:21:42

Tidak ada komentar: