Selasa, 25 November 2014

FAUZI

DUBES FAUZI BOWO TERIMA PENGHARGAAN DARI UCLG

          London, 21/11 (Antara) - Dubes Indonesia untuk Republik Federal Jerman Fauzi Bowo menerima penghargaan dari Asosiasi Pemerintah Lokal dan Kota Se-Asia Pasifik (United Cities and Local Governments Asia Pacific/UCLG ASPAC).

         Penganugerahan medali kehormatan medal of honor (Gold) dan  Medal of Merit (Silver) kepada Fauzi Bowo tersebut diserahkan Sekretaris Jenderal UCLG ASPAC, Dr. Bernadia Irawati Tjandradewi, dalam  acara yang berlangsung secara sederhana, di KBRI  Berlin, Jerman.

         Medal of Honor (Gold) diberikan kepada Fauzi Bowo sebagai penghargaan atas jasa-jasanya ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta dan sebagai President of UCLG ASPAC periode 2010-2012, demikian. Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Berlin, Kusumo Pradopo, kepada Antara London, Jumat.

         Disebutkan Medal of Merit (Silver) diberikan kepada Fauzi Bowo atas kinerjanya sebagai Tuan Rumah Kongres UCLG ASPAC ke-4 di Jakarta Oktober 2012.

         UCLG ASPAC mengapresiasi upaya Fauzi Bowo dalam memperluas keanggotaan, konsolidasi keuangan organisasi dan mendirikan kantor cabang di Bangkok dan India. Selain kerja sama dengan berbagai organisasi internasional seperti Uni Eropa dan PBB.

         Selain itu Fauzi Bowo dinilai berhasil meningkatkan kerja sama antara pemerintah lokal (Pemda) dengan mengajak perwakilan pemerintah Korea Selatan dan Korea Utara duduk bersama dalam satu meja untuk berbagi pengalaman. Demikian pula antara India dan Pakistan.

         Sejarah UCLG ASPAC dimulai dari organisasi International Union of Local Authorities (IULA) yang didirikan pada tahun 1913 di Belgia dan berkantor pusat di Den Haag. Sedangkan IULA ASPAC didirikan pada  September 1989 pada saat the 29th IULA World Congress di Perth, dengan Kantor Pusat di Jakarta.

         UCLG ASPAC adalah salah satu dari delapan bagian kawasan dari United Cities and Local Governments (UCLG) yang merupakan penyatuan dari IULA, United Towns Organization (UTO) dan World Association of the Major Metropolises (METROPOLIS), yang didirikan Januari 2004 dengan Kantor Pusatnya di Barcelona, Spanyol.

         UCLG ASPAC adalah entitas baru dari IULA ASPAC, didirikan di Taipei pada 14 April 2004 pada saat pertemuan 28th IULA ASPAC Executive Committee and Extraordinary Council. Sampai saat ini UCLG ASPAC mempunyai 124 anggota, termasuk 25 asosiasi pemerintah lokal, 89 pemerintah lokal individu dan 10 anggota asosiasi.

         Organisasi ini mendorong pertukaran pengalaman di antara para anggotanya dalam berbagai masalah yang dihadapi pemerintah lokal, seperti pembangunan yang berkelanjutan, good governance, strategi promosi investasi dan banyak hal lainnya.UCLG  merupakan satu-satunya organisasi pemerinath lokal yang diakui PBB dan hingga saat ini Dubes Fauzi Bowo masih berperan aktif sebagai Anggota Kehormatan (Honorary Member) di dalam UCLG ASPAC. ***3***(ZG)
(T.H-ZG/B/H. Wahyudono/H. Wahyudono) 21-11-2014 16:28:55

Tidak ada komentar: