Jumat, 27 Februari 2015

FILM

FILM "40 DAYS IN EUROPE" MENCARI BINTANG

       Jakarta, 21/2 (Antara) - Sembilan Matahari Film yang  menggarap film layar lebar  "40 Days in Europe,"  membuka kesempatan bagi masyaraka tuntuk mengisi peran yang terdapat di film melalui mekanisme open casting.

       Produser  sekaligus penulis skenario,Maulana Syuhada kepada Antara, Sabtu mengatakan, open casting untuk publik terdiri dari offline casting yang bertatap muka langsung dengan produser, sutradara, dan casting director, serta online casting melalui  pengunggahan video akting ke media online.

       Film "40 Days in Europe," yang menceritakan tentang perjalanan grup angklung sekolah yang melakukan misi kebudayaan ke Eropa  diangkat dari novel dengan judul yang sama.

       Maulana menayatakan, dalam offline casting yang dimulai di Bandung mendapatkan  respon masyarakat sangat positif terlihat dari banyaknya jumlah partisipan yang di luar ekspektasi.

       Diawali dengan open casting di Taman Film Bandung ,Januari 2014 bersama peluncuran kembali buku "40 Days in Europe" dengan sampul baru. Figur publik seperti Eddi Brokoli turut meramaikan ruang publik tersebut.

       Masyarakat sekitar turut dilibatkan sebagai penonton yang dengan antusias mengikuti proses casting. Munthe, salah satu pengisi original sound track dari film 40 Days in Europe pun didaulat untuk menghibur di sela-sela acara.

       Terdapat total lebih dari 400 pendaftar offline casting di Bandung, termasuk untuk mengisi kebutuhan peran anggota group angklung yang membutuhkan kemampuan musikalitas.  
  Selain di Taman Film Bandung, audisi juga dilakukan di SMAN 3 Bandung, Telkom University.

       Sembilan Matahari bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo sebagai rekanan penyelenggara acara.

      Bersama Saung Angklung Udjo dan Sembilan Matahari memfasilitasi dua sesi open casting sebanyak  26 orang berhasil lolos ke casting tahap 2 dan akan diuji kemampuan aktingnya di depan para produser dan penonton.

        Dini Murdeani, produser, menambahkan setelah kota Bandung,  offline casting akan dilanjutkan ke Jakarta pada 28 Pebruari.

        Online casting akan dapat memfasilitasi masyarakat di luar Bandung dan Jakarta yang berminat mengikuti casting tanpa harus datang ke Bandung/Jakarta¿. Instruksi dan tata cara online casting bisa dipelajari di laman situs resmi www.40daysineurope.com/online-casting.

       "Mereka yang dianggap cocok dengan karakter tertentu dan memiliki kemampuan akting yang baik akan diundang mengikuti closed casting pada bulan Maret 2015, bersama dengan peseta terpilih lain dari offline casting," ujar  Mochamad Achir, produser sekaligus penulis skenario.

       Tak hanya untuk peran utama, peserta offline dan online casting juga berkesempatan mengisi peran pendukung dan figuran dalam film 40 Days in Europe.

       "Proses pengambilan gambar film ini direncanakan dimulai akhir Juli , berlokasi di Indonesia dan Eropa," kata Sony Sasono.

        Sebagai studio kreatif yang berbasis di Bandung, Sembilan Matahari melalui film 40 Days in Europe juga berkolaborasi dengan Bandung Creative City Forum (BCCF) dengan menjadi salah satu official event di Helarfest 2015, yang peluncurannya bertepatan dengan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika , April 2015.***4***
(T.H-ZG/B/Subagyo/C/Subagyo) 21-02-2015 11:59:54

Tidak ada komentar: