Jumat, 27 Februari 2015

MEKSIKO

PRESIDEN MEKSIKO: KEBIJAKSANAAN LUAR NEGERI MEKSIKO MENGARAH PADA ASIA

         Jakarta 15/2 (Antara) - Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto (EPN) mengatakan kebijakan luar negeri Meksiko saat ini mengarah pada Asia dan peran aktif Meksiko dalam negosiasi di Trans-Pacific Partnership dan Aliansi Pasifik.

        Hal itu disampaikan Presiden Enrique Pena Nieto saat menerima Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Meksiko merangkap Belize, El Salvador, Guatemala dan Honduras, Yusra Khan, demikian Pensosbud KBRI Meksiko, Febby Fahrani kepada Antara, Minggu,
   Bertempat di Istana Nasional, Dubes Yusra Khan, menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Letter of Credentials) kepada Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto yang dalam kesempatan tersebut didampingi oleh Menteri Luar Negeri, Jose Kuribrena Meade.

        Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan tersebut menandainya resminya Duta Besar Yusra Khan mewakili Republik Indonesia sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Meksiko, setelah sebelumnya dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 15 Oktober tahun lalu di Jakarta.

        Setelah menyampaikan Surat-Surat Kepercayaan, Dubes mengadakan pembicaraan dengan Presiden Pena Nieto yang pada kesempatan tersebut, Presiden menyampaikan ucapan salam kepada Presiden RI, Joko Widodo.

        Selain itu, Pena Nieto juga menyampaikan penghargaan atas keeratan dan peningkatan hubungan bilateral kedua negara yang selama ini dipandangnya telah berjalan dengan baik melalui program dan kerja sama yang lebih konkrit, serta menyambut baik partisipasi Indonesia dalam berbagai peluang yang ada terkait dengan program reformasi yang dilakukan Meksiko.

        Kepada Dubes,  Presiden Pena Nieto menerangkan bahwa kebijakan luar negeri Meksiko saat ini mengarah pada Asia dan peran aktif Meksiko dalam negosiasi di Persahabatan Trans-Pacific dan Aliansi Pasifik.

        Kepada Presiden Meksiko, Dubes menyampaikan salam hangat dari Presiden RI kepada Presiden serta apresiasi atas berbagai reformasi yang dilakukan Pena Nieto sejak dilantik menjadi presiden pada Desember 2012, khususnya pada reformasi bidang energi dan infrastruktur yang membuka peluang bagi investor asing.

        Dubes juga meminta dukungan Presiden Pena Nieto dalam upaya konkrit Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral, khususnya dalam bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata  serta mendorong partisipasi perusahaan Indonesia seperti Pertamina dan Wijaya Karya dalam tender proyek konstruksi perminyakan di Meksiko.

        Selain Duta Besar RI, upacara penyerahan surat-surat kepercayaan juga diikuti oleh sembilan Duta Besar yang menetap yaitu Swiss, Cheko, Vietnam, Hongaria, Yordania, Turki, Jepang, Bangladesh, dan Thailand serta dua Duta Besar tidak-menetap yaitu Barbados dan Granada.

        Seusai upacara penyerahan surat kepercayaan, Duta Besar berkesempatan untuk memberikan konferensi pers kepada sekitar 20 wartawan yang mewakili media massa nasional Meksiko.

        Kepada wartawan yang hadir, Dubes menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kerjasama bilateral Indonesia - Meksiko yang telah berjalan  sejak dibukanya hubungan diplomatik di tahun 1953.

    T. Z***1*** (T.H-ZG/C/M. Dian A/M. Dian A) 15-02-2015 10:30:08

Tidak ada komentar: