Jumat, 27 Februari 2015

RUSIA

RI TINGKATKAN DIPLOMASI EKONOMI DENGAN RUSIA

          Jakarta, 8/2 (Antara) - Indonesia meningkatkan diplomasi ekonomi dengan Rusia dengan mengundang investornya berinvestasi termasuk di bidang infrastruktur kemaritiman dan konektivitas di Indonesia
    Hal tersebut mengemuka dalam pertemuan konsulasi bilateral antara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dengan Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia di Jakarta, demikian  Enjay Diana dari Direktorat Urusan Eropa Timur dan Tengah, Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Enjay Diana kepada Antara, Minggu
   Dikatakannya Delegasi Indonesia dipimpin  Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Dubes  Dian Triansyah Djani dan Delegasi Rusia dipimpin  Deputi Menteri Luar Negeri, Duta Besar Igor Morgulov.

           Hubungan Indonesia-Rusia yang telah menginjak 65 tahun sangat penting untuk lebih ditingkatkan. Kedua negara memiliki banyak potensi dan prospek bagus dalam pengembangan kerja sama, khusunya di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi.

          Dalam pertemuan, kedua pihak saling tukar pandangan mengenai perkembangan terkini isu-isu domestik negara masing-masing, kerja sama bilateral Indonesia-Rusia dan upaya-upaya peningkatannya di berbagai sektor.

           Dubes Djani menekankan pentingnya pengembangan diplomasi ekonomi dengan Rusia. Nilai perdagangan Indonesia-Rusia masih kecil, tahun 2013 mencapai 3,52 miliar dolar AS dan pada periode Januari-Oktober 2014 sebesar 2,25 miliar dolar AS. Indonesia meminta peningkatan akses pasar bagi produk Indonesia ke Rusia seperti kelapa sawit, produk perikanan, teh, kopi, garmen dan produk manufaktur.

          Di bidang investasi, Indonesia mengundang Rusia untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk di bidang infrastruktur kemaritiman dan koneksivitas, kata Dubes Djani.

         Menurut Dubes Djani, potensi lain dalam kerja sama dengan Rusia adalah peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia dan pertukaran mahasiswa termasuk beasiswa dari pemerintah Rusia bagi warga Indonesia.

          Sementara itu, Dubes Morgulov mengatakan kebijakan luar negeri Rusia yang mengarah ke kawasan Asia Pasifik mendekatkan negara tersebut ke Indonesia dan menjadikannya sebagai mitra penting di kawasan.

          Ditambahkan bahwa terdapat banyak prospek bagus dalam kerja sama dengan Indonesia antara lain di bidang ekonomi, perdagangan, investasi dan kemaritiman.

          Rusia selalu terbuka untuk kerja sama dengan Indonesia, termasuk alih teknologi dan produksi bersama¿, ujar Dubes Morgulov.

          Konsultasi bilateral sebagai salah satu tindak lanjut pertemuan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT APEC di Beijing pada 10 November 2014.

          Dalam konsultasi kedua pihak juga melakukan tukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian bersama, antara lain ASEAN, APEC, G-20, Timur Tengah dan Eropa. (ZG)

(T.H-ZG/B/M. Sunyoto/M. Sunyoto) 08-02-2015 03:23:1

Tidak ada komentar: