Selasa, 30 Juni 2015

BULGARIA

PENGUSAHA BULGARIA-IKADIN NDONESIA BENTUK ASOSIASI BISNIS
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 19/6 (Antara) - Pengusaha Indonesia dan Bulgaria memperkuat hubungan bisnis melalui pembentukan Bulgaria-Indonesia Business Association (BIBA) dalam pertemuan Ketua Kadin Indonesia Komite Bulgaria, Albania dan Georgia, Alexander Yahya Datuk, dengan para pengusaha setempat di KBRI Sofia.

         Pertemuan yang dipandu Dubes RI untuk Bulgaria Bunyan Saptomo itu dihadiri sekitar 20 pengusaha Bulgaria yang mempunyai hubungan bisnis maupun tertarik untuk berbisnis dengan Indonesia, kata Sekretaris III Ekonomi KBRI Sofia, Amita Pramasufi kepada Antara London, Jumat.

         Beberapa di antara pengusaha juga pernah mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) beberapa tahun terakhir dan berharap terbentuknya BIBA dapat lebih mempererat jalinan kerja sama dengan para pengusaha Indonesia, khususnya melalui Kadin RI.

         Para pengusaha Bulgaria tersebut berharap dapat memperoleh informasi yang komprehensif dari Kadin RI mengenai potensi ekonomi Indonesia dan partner bisnis yang reliable di negeri ini.

         Bunyan Saptomo menyambut baik pembentukan BIBA dan berharap semangat untuk kerja sama dengan pengusaha Indonesia dapat diimbangi secara positif oleh Kadin RI dan mengharapkan kedua pihak dapat membuat program konkrit untuk memperkuat hubungan bisnis kedua negara.

         Dubes juga mengundang pengusaha Bulgaria yang tergabung dalam BIBA untuk menghadiri Trade Expo Indonesia 2015 di Jakarta Oktober mendatang dan mengharapkan pada kunjungan nanti dapat dilakukan pertemuan dengan Kadin RI untuk membahas program kerja sama yang lebih konkrit.

         Sementara itu pada pertemuan Dubes dengan Ketua Kadin Bulgaria (BCCI), Tsvetan Simeonov, bersama anggota dan Ketua Kadin RI Komite Bulgaria, Alex Datuk, antara lain menyampaikan potensi Indonesia bagaikan "hidden jewel" atau permata tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh pengusaha dari negara lain.

         Ditambahkannya besarnya potensi yang dimiliki Indonesia didukung beberapa faktor, antara lain: besarnya jumlah penduduk, kekayaan alam melimpah, dan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial untuk produk Bulgaria dan sumber komoditas guna memenuhi kebutuhan Bulgaria dan negara lain.

         Sebagian besar pengusaha Bulgaria yang ingin membentuk BIBA  terdiri dari pengusaha konstruksi dan perdagangan umum. Kedua bidang tersebut merupakan bidang kerja sama yang berpotensi untuk dikembangkan. ***3***
(T.H-ZG/B/T. Susilo/T. Susilo) 19-06-2015 05:17:18

Tidak ada komentar: