Selasa, 30 Juni 2015

MILANO

TARUNA AL TAMPIL DI WORLD MILAN EXPO
         London 8/6 (Antara) - Seratus lebih Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia ikut memeriahkan peringatan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) di Paviliun Indonesia di World Expo Milano 2015, Italia, akhir pekan lalu.

        Minister Counsellor KBRI Roma, Nindarsari Utomo kepada Antara London, Senin, mengatakan, atraksi Kirab Taruna AAL dimulai dari Paviliun Indonesia menyusuri jalur utama Expo yang dipadati sekitar 15.000 penonton.

        Penampilan para taruna khusus di Piazza Italia itu disaksikan Menteri Koordinator Kemaritiman, Indroyono Soesilo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi.

        Belasan ribu penonton dan media elektronik serta media cetak setempat, menurut Nindarsari, antusias menikmati suguhan aksi Kirab tersebut.

        Terselenggaranya penampilan Taruna AAL itu mendapat dukungan dari TNI Angkatan Laut, sejumlah lembaga dan pejabat RI.

        Para petinggi yang hadir diantaranya Staf Khusus Menko Maritim Laksamana (Purn.) Marsetio, Dubes Havas Oegroseno, Atase Pertahanan RI di berbagai negara seperi Roma, Serbia, Madrid, Den Haag dan Kairo.

        Juga Direktur Promosi Pariwisata LN, Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata Nia Niscaya, Konsul Kehormatan RI Jacopo A. Fusaia, KPBN, Perwakilan Masyarakat Indonesia di Milan yang tergabung dalam PII Milan, Kepala ITPC, Atase Perdagangan RI Roma dan Perwakilan KBRI Roma.

        Pada sore hari Sabtu itu ditampilkan berbagai atraksi seni budaya oleh Taruna Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dan Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di depan Paviliun Indonesia pada ekspo tersebut.

        Para taruna mempersembahkan tari Perang, Saman, Rampak Kendang,  Kecak, Cendrawasih, Legong Keraton, Rampak Bambu, Gemufamira, Sajojo dan Angklung pada event yang ditonton sekitar 1000 orang tersebut.

        Kehadiran para taruna, kata Nindarsari, menyampaikan pesan kepada pengunjung bahwa Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki kekayaan laut, seni dan budaya, serta berkomitmen untuk menjaga dan mengembangkan kekayaan kemaritiman Indonesia sebagai bagian dari kekayaan laut dunia.

        Para taruna tersebut datang ke Italia menggunakan Kapal Perang TNI AL jenis Landing Platfrom Dock, KRI Banjarmasin-592, sebagai  pelaksanaan dari kurikulum ketiga institusi pendidikan kemaritiman tersebut.

        Selama pelayaran, para taruna mendapat pengajaran kuliah umum seperti etika pergaulan internasional, pembentukan karakter bangsa dan ideologi negara, pemahaman budaya dan tradisi nasional, serta mata kuliah teknis pelayaran dan kebaharian.

        Selain tugas belajar, kedatangan mereka juga dapat mendukung kegiatan promosi pariwisata Indonesia kepada pengunjung World Expo Milano 2015.

        Disamping memeriahkan hari World Ocean Day di area World Expo Milano, para taruna juga melakukan kunjungan ke Akademi Angkatan Laut Italia yang berlokasi di kota Livorno.

        Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi ajang bertukar ilmu dan pengalaman serta menambah jejaring persahabatan.

        Para taruna juga akan melakukan Kirab Drum Band dan pertunjukan seni budaya di kota Genoa pada 9 Juni mendatang sebagai persembahan seni budaya Indonesia di kota pelabuhan penting Italia itu.(ZG)***1***
(T.H-ZG/B/J. Tarigan/J. Tarigan) 08-06-2015 09:30:08


Tidak ada komentar: