Senin, 24 Agustus 2015

BUDAPESH

70TH RI - HALO-HALO BANDUNG BERKUMANDANG DI JALAN PROTOKOL BUDAPEST
          London, 19/8 (Antara) -  Lagu "Halo-Halo Bandung" berkumdang di jalan protokol Budapest saat Duta besar RI, untuk Hungaria Wening Esthyprobo, memimpin karnaval Merdeka Bike yang diadakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang digelar KBRI Budapest.

         Kereta angin 12 pedal berhiaskan pernak-pernik karnaval bernuansa merah putih dikayuh secara bergantian oleh 18 staff KBRI Budapest yang mengenakan kostum daerah, kata Dubes Wening Esthyprobo dalam keterangan tertulisnya kepada Antara London, Selasa.

         Riuh rendah lagu-lagu perjuangan menyeruak di sore yang cerah di tengah kota Budapest. Sound system yang terpasang pada Merdeka. Bike yang berhiaskan nuansa merah putih membelah pusat kota mengumandangkan lagu-lagu perjuangan seperti Berkibarlah Benderaku, Hari Merdeka, Halo-halo Bandung, dan lagu perjuangan lainnya.

        Duta besar RI, Wening Esthyprobo, yang memimpin langsung karnaval Merdeka Bike menyatakan karnaval yang baru pertama kali dilakukan ini dimaksudkan selain mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Budapest, juga ikut memperingati 60 tahun hubungan Diplomatik antara Indonesia dengan Hongaria.

        Arak-arakan dimulai dari depan KBRI Budapest yang terletak di jalan Varosligeti fasor menyusuri sepanjang jalan Andrassy yang menjadi ikon kota Budapest dan diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia, kata Dubes Wening.

         Di setiap lampu merah, staff KBRI yang mengenakan kostum daerah membagikan brosur pariwisata berbahasa Inggris dan bahasa setempat, serta cinderamata dari Indonesia, seperti gantungan kunci, kipas, dan magnet. Event yang baru pertama kali diadakan ini nampaknya sangat bermanfaat untuk menarik perhatian khalayak mengenai Indonesia.

         Selain lagu-lagu yang dikumandangkan, hiasan kereta angin yang meriah mampu menyedot perhatian baik masyarakat setempat maupun turis mancanegara yang sedang memadati kota Budapest.

         Merdeka Bike yang berlangsung selama kurang lebih 2.5 jam ini berakhir di Heroes Square dimana telah menunggu masyarakat Indonesia yang menyambut dengan lagu-lagu daerah dan menutup acara dengan menari bersama diiringi lagu Gemu Fa Mi Re yang berasal dari Nusa Tenggara.(ZG)****4****
(T.H-ZG/C/A. Lazuardi/A. Lazuardi) 19-08-2015 22:46:56

Tidak ada komentar: