Senin, 24 Agustus 2015

LOMDON

GEMA AUBADE DI HUT RI LONDON
     Oleh Zeynita Gibbons
    London, 22/8 (Antara) - Sekitar 30 anak Indonesia usia antara 5 sampai 12 tahun dan beberapa remaja  yang bergabung dalam tim Aubade Anak Indonesia menyanyikan lagu-lagu perjuangan pada perayaan 17 Agustus dan acara bazar yang diadakan KBRI London.

          Serupa dengan perayaan di Istana Negara, Jakarta, peringatan Kemerdekaan di London juga selalu diwarnai dengan berkumandangnya lagu-lagu nasional dan daerah setelah pengibaran bendera merah putih, antara lain Hari Merdeka, Halo-Halo Bandung, Indonesia Pusaka, Bungong Jeumpa, Cublak-Cublak Suweng, Apuse, Sirih Kuning, dan Aku Anak Indonesia.

         Pelatih tim Aubade di London, Dani Dumadi, kepada Antara London, Jumat (21/8), menyebutkan persiapan tim cukup singkat, hanya delapan kali  namun karena semangat tinggi anak-anak mampu menghafalkan berbagai lagu dan gerakannya.    
    "Sebagai pelatih, saya bangga dengan kerja keras anak-anak tim Aubade. Mereka masih sangat muda namun giat berlatih! Tentunya hal ini tidak lepas dari dukungan orang tua dan partisipasi segenap masyarakat Indonesia," katanya.

         Tim Aubade yang menggunakan seragam baju kebaya encim warna putih  dan baju koko putih lengkap dengan peci hitam dan selendang batik tampil dengan percaya diri seusai bendera putih dikibarkan dalam upacara tersebut.

         Sebelum bernyanyi pada Upacara Pengibaran Bendera tanggal 17 Agustus, tim Aubade membuat  kejutan bagi ribuan pengunjung yang hadir pada acara Bazar dan Temu Masyarakat dengan penampilannya.

          Beseragam kaos merah dan bawahan warna putih serta hiasan rambut pita warna putih, tim Aubade ini menyanyikan  lagu dari berbagai daerah Indonesia yang membuat penonton berdecak. Sejumlah alat musik piano, pianika, dan gitar menyemarakkan penampilan tim Aubade ini.

         Betty Putrajaya, yang  lama bermukim di Inggris, menyatakan senang  anaknya bisa ikut Aubade. "Anak-anak merasa 'confident' sebagai anak Indonesia dan tampil di depan publik. Karena tumbuh dan besar di sini, anak-anak juga ada kesempatan  mengenal lagu nasional dan daerah Indonesia," ujar ibu yang bekerja di Kedutaan Brunei itu.

         Aubade berasal dari  bahasa Perancis  berarti puisi atau lagu yang dinyanyikan menjelang pagi. Namun di Indonesia, Aubade  melekat pada kegiatan menyanyikan lagu-lagu nasional dan perjuangan dan daerah pada upacara pengibaran bendera Merah Putih.(ZG)***4***

(T.H-ZG/B/G.N.C. Aryani/G.N.C. Aryani) 22-08-2015 19:51:18

Tidak ada komentar: