Kamis, 27 Agustus 2015

WARSAWA

RESEPSI DIPLOMATIK DIWARNAI SUASANA HARU DI WARSAWA

                  Oleh Zeynita Gibbons
            London, 27/8 (Antara) - Resepsi diplomatik memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI yang diadakan di Warsawa, diwarnai  suasana haru dengan adanya reuni antara Anna Piechoci'ski,  putri Wakil PM Polandia Janusz Piechoci'ski dengan sahabatnya dari Indonesia, Fitri Utami (Tami) dan Rian Johannes.

                 Dubes RI untuk Polandia, Peter Frans Gontha, mempertemukan Anna Piechoci'ski dengan sahabatnya dari Indonesia, Fitri Utami (Tami) dan Rian Johannes, kata Counsellor KBRI Warsawa, Roos Diana Iskandar kepada Antara London, Kamis.

                  Anna pernah tinggal di rumah keluarga Tami saat Anna berada di Padang mengikuti Program AIESEC pada tahun 2012. Sejak kepulangannya ke Polandia, Anna dan Tami belum pernah bertemu lagi, namun komunikasi tetap berjalan.

                  Anna terkejut dan tidak menyangka dipertemukan saat resepsi dengan kedua sahabatnya. Suasana haru ikut dirasakan undangan dan bahkan ada hanyut dengan suasana hingga meneteska air mata.

                  Para undangan makin terhanyut dengan iringan lagu You¿ve got a friend yang dinyanyikan secara live oleh Dr. Marek Kruk. Sebuah film singkat mengenai cerita perjalanan persahabatan mereka mengawali pertemuan mereka.

                    Dubes Peter Gontha mengakui persahabatan Anna dan Tami  merupakan suatu gambaran persahabatan antara pemuda Polandia dan Indonesia. Para pemuda ini nantinya yang akan membuat hubungan kedua negara, Polandia dan Indonesia, semakin kuat dan dekat,  bangsa kita nantinya akan ditentukan oleh kaum muda.

                     Dalam sambutannya Dubes Gontha juga menyampaikan perjalanan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Polandia, di mana saat ini semakin meningkat kerja sama di berbagai sektor.

                    ASEAN Economic Community yang akan dimulai pada 1 Januari 2016 menjadikan wilayah Asia Tenggara menjadi single market, yang tentunya merupakan mitra yang sangat potensial untuk melakukan perdagangan, investasi, dan wisata.
               Resepsi HUT RI dihadiri sedikitnya 300 undangan dari berbagai kalangan antara lain kalangan pemerintahan, parlemen, diplomatik, dubes, diplomat dan atase teknis/pertahanan dan  dunia usaha, akademisi, media massa, dunia wisata, tokoh agama, diaspora Indonesia, dan sahabat Indonesia lainnya.

                   Hadir pula 20 orang pengusaha Indonesia yang sedang berkunjung ke Polandia. Para pengusaha Indonesia ini sempat melakukan pertandingan persahabatan golf dengan mitranya dari Polandia, dan dimenangkan oleh Indonesia. (ZG)
***2**(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 27-08-2015 06:00:54

Tidak ada komentar: