Kamis, 18 Februari 2016

BELANDA

DUBES SERAHKAN SURAT-SURAT KEPERCAYAAN KEPADA RAJA WILLEM

       London, 17/2 (Antara) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, menyerahkan letter of credentials (surat-surat kepercayaan) kepada Raja Belanda Willem-Alexander, di Istana Noordeinde, Den Haag, Belanda.

        Prosesi penyerahan letter of credentials dilakukan berdasarkan tradisi protokoler Kerajaan Belanda, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Belanda, Azis Nurwahyudi kepada Antara London, Rabu.

        Dimulai penjemputan Dubes  didampingi Ibu Rusdijana Puja dengan  iringan kereta berkuda dari KBRI Den Haag menuju Istana Noordeinde. Iringan kereta berkuda tersebut dikawal  pasukan berkuda kavaleri.

        Setibanya di Istana Noordeinde, Dubes RI disambut dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dimainkan oleh Korps Musik Istana. Sebelum memasuki Istana, Dubes RI berkesempatan melakukan pemeriksaan pasukan.

        Menurut Dubes Wesaka Puja, pertemuan dengan Raja Willem-Alexander, berjalan dengan hangat. Dubes menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo, yang disambut dengan penyampaian salam balasan oleh Raja Belanda.

        Dalam pembicaraan bilateral dengan Raja Willem-Alexander, Dubes Wesaka Puja menyampaikan harapannya untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara.Dengan komitmen yang kuat, kedua negara secara bersama-sama akan meningkatkan hubungan menuju masa depan yang lebih baik, ujarnya.

        Dubes Wesaka Puja juga mengutarakan arti penting hubungan Indonesia dan Belanda di berbagai bidang melalui kemitraan yang komprehensif, untuk mengisi ruang dimana kedua negara dapat memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Aspek kerjasama yang akan terus ditingkatkan antara lain bidang kemaritiman, perdagangan, investasi, pariwisata dan people-to-people contact.

        Sementara bidang keamanan akan ditingkatkan kerjasama counter terrorism, trans organized crime, dan teknologi pertahanan, sedangkan  bidang kemaritiman, secara khusus juga disebutkan rencana kerjasama pembangunan berbagai pelabuhan, tol laut dan berbagai sarana konektivitas lainnya, demikian  Dubes Wesaka Puja.
   Dikatakannya, pertemuan dengan Raja Willem-Alexander berjalan dengan hangat dan bersahabat.

        Menurutnya Raja Willem sangat simpatik, dan banyak hal yang dibicarakan selama pertemuan berlangsung, tidak saja yang sifatnya pribadi tetapi juga keinginan beliau untuk maju dan melangkah bersama dalam mengembangkan hubungan kedua negara.

        Setelah selesainya prosesi penyerahan letter of credentials, Dubes mengadakan  acara Vin d¿Honneur di Wisma Duta Besar yang dihadiri  Direktur Asia dan Oceania, serta Direktur Protokol Kementerian Luar Negeri Belanda,  para Duta Besar negara sahabat dan media.******2******(T.H-ZG/B/A. Budiman/A. Budiman) 18-02-2016 01:29:21

Tidak ada komentar: