Jumat, 12 Februari 2010

DUBES RI BULGARIA SERAHKAN BANTUAN UNTUK SUMATERA BARAT

DUBES RI BULGARIA SERAHKAN BANTUAN UNTUK SUMATERA BARAT

London, 12/2 (ANTARA) - Dubes RI untuk Republik Bulgaria, Immanuel Robert Inkiriwang, menyerahkan bantuan dana kemanusiaan sebesar 3.333 dolar AS kepada masyarakat korban gempa bumi di Sumatera Barat.

Dana yang dihimpun dari beberapa kegiatan pengumpulan dana yang dilakukan KBRI Sofia itu, diserahkan Dubes Immanuel kepada Kepala Kantor Penghubung Pemprov Sumatera Barat Nadiar SH, kata Sekretaris Kedua KBRI Sofia Djarot Purwoko Putro, kepada koresponden ANTARA London, Jumat.

Bencana alam gempa bumi berkekuatan 7,6 Skala Richter yang menimpa Sumatera Barat, September 2009, sejauh ini cukup mendapat perhatian dan simpati serta solidaritas dari rakyat Bulgaria.

Kepala Kantor Penghubung Pemprov Sumbar, atas nama Pemprov Sumbar dan masyarakat setempat, menyampaikan terima kasih kepada KBRI Sofia dan rakyat Bulgaria yang telah ambil bagian dalam meringankan beban penderitaan para korban gempa di Sumbar.

Dalam kesempatan itu Dubes RI menyampaikan, bantuan tersebut memiliki arti penting bagi hubungan persahabatan antara rakyat Bulgaria dengan Indonesia.

Bulgaria selama ini turut membantu meringankan beban para korban, termasuk memberikan membantuan dalam proses rehabilitasi.

Dikatakannya, sebagian besar dana bantuan kemanusiaan tersebut diperoleh dari kegiatan pengumpulan dana melalui penyelenggaraan turnamen golf amatir Mercedez Bens President Cup di Kota Balchik, di tepi Laut Hitam, Nopember lalu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama KBRI Sofia dengan Lighthouse Golf & Resort dan Mercedez Bens Bulgaria, ujarnya.

Peristiwa gempa bumi di Sumatera Barat yang ditayangkan berbagai media massa di Bulgaria, mendorong Direktur Eksekutif Lighthouse Golf & Resort, Georgi Tchouklev, pemilik hotel bintang lima yang hotelnya dihias berbagai produk Indonesia, melakukan kerja sama dengan KBRI Sofia menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Selain sebagian dari "green fee", dana kemanusiaan tersebut juga terkumpul dari hasil lelang, antara lain lukisan Bali sumbangan dari Dubes RI yang terjual 220 Euro.

Dana kemanusiaan juga berasal dari Darma Wanita Persatuan KBRI Sofia dari Crhrismast Charity Bazaar yang diadakan di Wisma Duta Sofia, Desember lalu, bekerja sama dengan Pemkot Sofia dan majalah Bulgarian Diplomatic Review serta media massa setempat.

Berbagai produk kerajinan tradisional batik seperti selendang, dompet, baju, tatakan gelas, pembatas buku, yang dijual DWP KBRI Sofia berhasil mengumpulkan dana sejumlah 500 dolar AS.

Bazaar juga dimeriahkan pertunjukan tari Ngarojeng yang ditampilkan oleh grup tari binaan KBRI, Pesona Mawar Nusantara, dan lagu serta tarian tradisional Bulgaria yang dibawakan oleh Folklore Dance Ensemble dari Municipality Institute of Culture Sredetz.

Selain melaku sejumlah kegiatan tersebut, dana kemanusiaan juga diperoleh dari sumbangan corps diplomatic di Sofia, antara lain dari Dubes Austria di Sofia, Klaus Fabjan. (U-ZG)

(T.H-ZG/B/P004/P004) 12-02-2010 07:24:17

Tidak ada komentar: