Sabtu, 17 Januari 2015

MENLU

DUBES RETNO MARSUDI AKHIRI MASA TUGAS DI BELANDA

         London, 16/1 (Antara) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Belanda, Retno L P Marsudi mengakhiri masa tugasnya di Kerajaan Belanda untuk mengemban tugas yang lebih besar sebagai Menteri Luar Negeri Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo.

        Dubes Retno LP Marsudi beserta Agus Marsudi  menghadiri lebih dari 15 rangkaian pertemuan dan acara perpisahan dengan berbagai pihak di Belanda selama seminggu dari tanggal 11 hingga 15 Januari lalu, demikian Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Denhaag, Danang Waskito mengatakan kepada Antara London, Jumat.

       Selanjutnya Retno LP Marsudi beserta  keluarga kembali ke Tanah Air dengan meninggalkan kenangan manis selama lebih dari tiga tahun bertugas di Kerajaan Belanda untuk menjalin kerja sama diplomatik yang pada awalnya menghadapi masa sulit.

       Mengakhiri masa tugasnya Dubes  menghadiri pertemuan perpisahan dengan Raja Willem-Alexander di Istana Noordeinde, Den Haag yang dalam pertemuan dengan Raja Belanda, Ratu Belanda, Maxima, juga turut mendampingi.

       Bukan merupakan kelaziman bagi Ratu Belanda mendampingi Raja Belanda saat pertemuan pamitan dengan seorang Duta Besar. Hal ini menegaskan penghargaan yang tinggi kepada Indonesia, ujar Danang Waskito.

       Pada akhir pertemuan, Raja Belanda menganugerahkan Knight Grand Cross of the Order of Orange-Nassau. Tanda jasa ini merupakan penghargaan tertinggi dalam kategori Order of Orange Nassau yang biasanya diberikan kepada Kepala Pemerintahan dan pejabat tinggi lainnya.

       Sebelumnya Retno LP Marsudi menghadiri acara perpisahan dengan masyarakat di Event Plaza, Rijswijk, Den Haag  Minggu lalu yang dihadiri sekitar 1,000 (seribu)  undangan dari berbagai lapisan masyarakat, baik masyarakat Indonesia di Belanda maupun masyarakat Belanda (friends of Indonesia).

       Dalam acara yang penuh keakraban itu hadir berbagai kelompok masyarakat antara lain pelajar/mahasiswa Indonesia, Diaspora Indonesia, INYS (Indonesia Netherlands Youth Society), IMWU (Indonesian Migrant Worker Union), organisasi kemasyarakatan/kedaerahan, organisasi keagamaan, seluruh staf KBRI Den Haag, dan berbagai kelompok masyarakat lainnya.

        Dalam kesempatan tersebut, Retno LP Marsudi menyampaikan terima kasih atas dukungan dan tali silaturahmi yang terjalin selama ini dengan sangat baik dari seluruh pihak selama masa penugasan kurang lebih tiga  tahun di Belanda.  ***2***

 
(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 16-01-2015 21:15:42

Tidak ada komentar: