Sabtu, 17 Januari 2015

POLANDIA

PETER GONTHA: TEKNOLOGI TERKAIT KEMAJUAN BUDAYA

         London, 16/1 (Antara) - Dubes RI untuk Polandia, Peter F Gontha mengatakan,  saat ini teknologi sangat terkait dengan kemajuan budaya termasuk dunia pendidikan.

        Hal itu disampaikan  Dubes Peter F Gontha dalam kesempatan pertemuan dengan mahasiswa baru Fakultas Studi Oriental Universitas Warsawa, demikian Counsellor KBRI Warsawa Roos Diana Iskandar kepada Antara London, Jumat.

        Pertemuan dibuka  Wakil Rektor Universitas Warsawa, Prof Alojzy Nowak dan Dekan Fakultas Studi Oriental, Prof Jolanta Sierakoska-Dyndo dihadiri  tidak saja  mahasiswa dan  kalangan universitas tetapi juga  diplomatik seperti  dubes atau kepala perwakilan antara lain Azerbaijan, Indonesia, Iran, Indonesia, Mongolia, Maroko, Nigeria, Saudi Arabia, Israel, Thailand dan Turki.

        Dubes Peter Gontha mengatakan, teknologi sangat membantu penyampaikan informasi secara cepat, efektif dan efisien dalam penyampaian informasi termasuk berbagai ide dan nilai-nilai. Dubes memberi contoh dengan teknologi, seseorang mampu mengenal budaya suatu negara sebelum seseorang mengunjungi negara tersebut.

        Dubes menyampaikan informasi mengenai dibukanya kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa Polandia untuk mengikuti  program beasiswa Darmasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Indonesia bagi pelajar/mahasiswa Polandia untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia.

        Sementara itu  Rektor Nowak menyampaikan terima kasih atas dukungan perwakilan asing terhadap universitasnya. Universitas Warsawa terbuka mahasiswa dari berbagai negara untuk belajar.

        Kerja sama antara Universitas dengan berbagai negara telah berlangsung lama dan pihak universitas selalu mendukung kerjasama dengan setiap negara, ungkap Profesor Nowak.

        Ucapan terima kasih juga diungkapkan Prof Sierakoska-Dyndo atas dukungan dan kerja sama para perwakilan asing dalam meningkatkan kerja sama dengan Universitas.

        Di akhir pertemuan mahasiswa berkesempatan beramah tamah dengan perwakilan asing dengan menikmati makanan kecil yang disajikan masing-masing perwakilan asing. KBRI menyajikan jajanan pasar beripa risoles dan dadar gulung yang  diminati mahasiswa dan kalangan universitas lainnya.

        Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Fakultas Studi Oriental Universitas Warsawa untuk memperkenalkan dan mempertemukan para mahasiswa baru dengan perwakilan asing yang terkait dengan Fakultas tersebut.

        KBRI Warsawa dan Universitas Warsawa telah terjalin kerja sama yang baik. Kelas Bahasa Indonesia yang berada di Fakultas Studi Oriental merupakan salah satu wujud nyata dari kerja sama, yang sudah terbentuk sejak tahun 2011 lalu.

        Mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan bagian dari kurikulum dengan tenaga pengajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap semester secara kontinyu.

        Bahasa Indonesia juga  merupakan mata kuliah di universitas Nicolaus Copernicus (Torun) dan Collegium Civitas (Warsawa). Hingga saat ini tercatat sebanyak 450 siswa mengikuti Kelas Bahasa Indonesia. ***4*** (ZG)
(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 16-01-2015 20:59:23

Tidak ada komentar: