Sabtu, 28 November 2015

HUNGARIAN

400 SISWA HONGARIA MENARI BERSAMA DUBES RI
     Oleh Zeynita Gibbons

   London, 22/11 (Antara) - Lebih 400 siswa sekolah kejuruan di Szeged  dengan semangat bergoyang ke kiri dan ke kanan mengikuti gerakan Dubes RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo yang memimpin Gemu Fa Mi Re, tarian tradisional dari Nusa Tenggara Timur (NTB).

        Gerakan Gemu Fa Mi Re dilakukan sebagai penutup rangkaian kegiatan Road Map KBRI Budapest, Indonesia Goes To School di SLTA Kejuruan bidang pariwisata dan katering, demikian Pensosbud KBRI Budapest Yudhi Gunawan, Minggu.

        Dubes menjelaskan kepada siswa mengenai daerah tujuan wisata di Indonesia yang sangat beragam dan unik serta eksotik. Mulai dari wisata adventure, ecotourism, wisata bahari maupun tamasya keluarga dapat dinikmati sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

        Begitupula dengan kuliner Indonesia yang kaya bumbu dan bercita rasa tiada duanya di dunia dapat dijumpai di Indonesia.
   Diharapkan para siswa dari SLTA Kejuruan pariwisata dan katering dapat membuka wawasannya dan mendapatkan bekal ataupun gagasan dalam berkarir dari keanekaragaman wisata dan kuliner Indonesia tersebut.

        Wening Esthyprobo mengajak pelajar  dan staf pengajarnya untuk berkunjung ke Indonesia agar dapat melihat, merasakan dan mengalami  aneka kuliner, kemajemukan serta keindahan Indonesia.

        Sementera itu, Direktur SLTA Hansagi Ferenc Mrs Keveiné Mészáros Erika menyampaikan  terima kasih atas kunjungan delegasi kebudayaan KBRI Budapest yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi siswa tetapi juga staf pengajar dalam pengembangan materi pelajaran dan motivasi para siswa.

        Dalam kesempatan itu KBRI Budapest menampilan pertunjukan Degung Sunda, Gamelan Jawa, Rindik Bali serta tarian tradisional dari Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.
   Selain itu disampaikan presentasi  mengenai Indonesia dan diakhiri dengan menari Gemu Fa Mi Re bersama. Dubes Wening Esthyprobo aktif berpartisipasi dengan menyumbangkan  lagu Bengawan Solo yang diiringi oleh alunan musik keroncong.

        Para pengisi acara pada umumnya adalah warga Hongaria yang merupakan mantan penerima Beasiswa Darmasiswa RI  mendapatkan sambutan luar biasa dari siswa dan staf pengajar. ***4***

(T.H-ZG/C/S. Muryono/S. Muryono) 22-11-2015 16:44:37

Tidak ada komentar: