Kamis, 12 November 2015

SYDNEY

KJRI SYDNEY MERIAHKAN HARMONY WALK BLACKTOWN
         Oleh Zeynita Gibbons  

   London, 9/11 (Antara) - KJRI Sydney bersama Indonesia Diaspora Sydney berpartisipasi dengan mengisi acara seni budaya pada Harmony Walk yang digelar di Blacktown, kawasan Barat Sydney pada Minggu.

        Consul KJRI Sydney Novan Ivanhoe Saleh, kepada Antara, Senin,  menyebutkan Harmony Walk adalah gerakan mendorong kerukunan antaretnis, kelompok dan umat beragama di Sydney.

        Gerakan ini dimotori oleh LSM dengan menjalin kerja sama dengan pemerintah lokal dan komunitas di Sydney.

        Dengan tema utama "multi culturalism and multi diversity" gerakan ini memperjuangkan prinsip-prinsip keadilan, harmoni dan rasa saling menghormati.
   Bentuk acara berupa jalan bersama sepanjang satu km mengelilingi Francis Park, sebuah taman indah dan luas, tempat warga Blacktown melakukan berbagai aktifitas di akhir pekan.  
   Selain jalan bersama, disediakan pula panggung untuk pertunjukan yang disumbangkan oleh berbagai komunitas yang mendukung gerakan ini.

        Dalam kegiatan kali ini, Indonesia berpartisipasi dengan mengisi beberapa tarian daerah dan pertunjukan gamelan yang dikombinasikan dengan angklung, binaan KJRI Sydney.
   Satu hal yang menarik dari pertunjukan tim KJRI ini adalah mereka menutup pementasan dengan lagu populer Australia "Waltzing Mathilda" dengan diikuti oleh para penonton yang turut menyanyikan lagi ini.  
   Partisipasi ini merupakan bagian dari misi KJRI Sydney dalam mempromosikan 'people to people contact' antara Indonesia dan Australia serta sarana untuk lebih mendekatkan Indonesia ke publik Australia.  
   Acara yang dimulai sejak pukul 1 siang hingga 4 sore ini mendapat perhatian para pengunjung taman dan pertunjukan seni budaya Indonesia cukup memukau para pengunjung.
   Tampak hadir pada acara ini, para tokoh diaspora Indonesia di Sydney dan Senator Concetta Anna Fierravanti-Wells, Assistant Minister for Multicultural Affairs.

        Pada akhir acara, Senator Concetta secara khusus menghampiri tim KJRI menyampaikan apresisasinya.(ZG)
(T.H-ZG/B/J. Tarigan/J. Tarigan) 09-11-2015 10:43:04

Tidak ada komentar: