Kamis, 12 November 2015

SBY

SBY DAN TOKOH DUNIA HADIRI KTT WCES
     Oleh Zeynita Gibbons

    London, 10/11 (Antara) - Berbagai tokoh terkemuka termasuk mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi dan mantan Wakil Perdana Menteri China, Zeng Peiyan, diajadwalkan menghadiri KTT ke-7 World Chinese Economic (WCES) 2015  di London.

         Siaran pers WVES yang diterima Antara di London, Selasa, menyebutkan Presiden keenam RI itu akan menyampaikan pidato utama penutupan KTT bertajuk 'China dan ASEAN akan membentuk New World Order' dalam  WCES 2015 yang diselenggarakan Asian Strategy & Leadership Institute (ASLI) itu.

         KTT yang untuk pertama kalinya digelar di luar kawasan Asia Pasifik itu akan berlangsung di tiga tempat yaitu Savoy Hotel, The House of Lords, Banqueting House Asia House dan Royal Istana Kensington, 10-12 November.

         Acara tahunan bergengsi mempertemukan lebih dari 200 pembuat kebijakan, pengusaha, peneliti dan pemikiran-pemimpin dari seluruh dunia itu akan membahas topik sekitar tema utama tahun ini, 'China dan Dunia: Tempa Kemitraan Euro-Asia menuju Kemakmuran Bersama'.

         KTT ini akan melihat bagaimana Tiongkok, Diaspora Tiongkok, ASEAN dan Inggris dapat menjalin kemitraan bisnis yang akan mendorong kemakmuran bersama dan pertumbuhan bisnis.

         Pertemuan mencakup sejumlah sesi panel berfokus pada peran penting Tiongkok dan tetangganya di Asia dalam bermain di ekonomi global, peran integral mereka akan mendorong pemulihan ekonomi regional dan dunia dan kesempatan untuk Inggris dan perusahaan Eropa yang disajikan Presiden Tiongkok Xi Jinping Belt.

         Dengan populasi lebih dari 600 juta, kelas menengah tumbuh dan PDB gabungan sekitar  2,4 triliun dolar AS, ASEAN menjadi lebih penting bagi perekonomian dunia.

         Peluncuran Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) pada bulan Desember 2015 akan membangun ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi membuat daerah lebih dinamis dan kompetitif.

         Tahun 2015 merupakan tahun yang penting bagi hubungan Inggris-Tiongkok. Perjanjian bilateral dilakukan untuk mendorong pelaksanaan proyek-proyek investasi besar dan selama Inggris Menteri Keuangan Britania Raya George Osborne baru-baru ini mengadakan kunjungan  ke Tiongkok.

         Presiden Tiongkok akan mendesak investor Tiongkok ke lapangan untuk 11.8bn Pounsterling senilai kontrak meliputi Tahap pertama HS2 (diusulkan kecepatan tinggi kereta api di Inggris yang menghubungkan London dan Inggris Utara).

         Saat ini, Inggris menjadi tujuan investasi utama bagi perusahaan-perusahaan Tiongkok dan investasi langsung oleh Tiongkok di Inggris mencapai 40 miliar dolar AS pada akhir 2014. Tiongkok sekarang ekonomi terbesar kedua di dunia dengan GDP.

         Tan Sri Michael Yeoh, Ketua KTT Ekonomi Tiongkok Dunia dan CEO Strategi Asia dan Leadership Institute mengatakan "The Summit Ekonomi Cina Dunia menyatukan lebih dari 40 pembicara dari empat benua untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka".

         Peserta akan diperbarui pada tren kunci di Tiongkok dan Asia Tenggara dan Belt dan Jalan inisiatif Presiden Xi Jinping. Mereka juga dapat belajar bagaimana melakukan bisnis sukses di Tiongkok dan Asia Timur.

         Ketua Asia House Sir John Boyd mengatakan Asia House merasa senang menjadi co - mengorganisir Summit ke-7 World Chinese Economic , yang akan diselenggarakan di London untuk pertama kalinya tahun ini. (ZG)
(T.H-ZG/B/E.M. Yacub/E.M. Yacub) 10-11-2015 07:08:46

 

Tidak ada komentar: