Selasa, 18 Juli 2017

BELANDA

TAMAN REMPAH INDONESIA HADIR DI BELANDA  
     Oleh Zeynita Gibbons

     London, 17/7 (Antara) -  Tanaman rempah-rempah mulai dari kencur, kunir, jahe, pinang sampai sereh serta tumbuhan-tumbuhan asal Indonesia  dengan mudah ditemui di Belanda dengan dibukanya rumah kaca taman rempah Indonesia, tepatnya di pusat wisata Giethoorn, Belanda.
         Ini semakin menambah daya tarik Taman Indonesia yang memiliki berbagai koleksi flora dan fauna khas Indonesia, seperti burung kakak tua, jalak putih, gelatik, luwak, kucing macan, ikan koi, demikian Minister Counsellor KBRI Denhaag, Ourina Ritonga kepada Antara London, Senin.
         Berlokasi 20 menit berkendara dari pusat wisata Giethoorn dan 2,5 jam dari Amsterdam, Taman Indonesia dan dikelola Marlisa Wareman,warga negara Belanda keturunan Indonesia ini menawarkan suasana restoran Indonesia dan beragam produk tradisional, seperti kopi, kerajinan tangan, teh jahe dan lainnya bahkan rokok Dji Sam Soe dan becak.         
    Seperangkat gamelan Jawa lengkap hadir sebagai bagian dari koleksi Taman Indonesia dan juga berbagai rumah arsitektur asli Indonesia seperti rumah joglo, Bali, Madura dan Ternate.
         Dikatakannya, hal itu juga sekaligus menandai peletakan Arca Lingga dan Yoni dari Bali untuk rencana pembangunan pura bagi kebutuhan persembahyangan umat Hindu di lokasi Taman Indonesia.
         Pantauan Antara menyebutkan, Taman Indonesia ini cukup populer sebagai destinasi wisata keluarga. Tercatat sekitar 50.000 orang mengunjungi Taman Indonesia di musim panas 2016.

         Dengan adanya rumah kaca taman rempah, Taman Indonesia akan tetap buka di musim dingin dan pengunjung dapat menikmati suasana Indonesia di Belanda sepanjang tahun sambil menikmati wedang jahe dan es cendol.(ZG)
***4**(T.H-ZG/B/E. Sujatmiko/E. Sujatmiko) 17-07-2017 11:20:33

Tidak ada komentar: