Selasa, 18 Juli 2017

SIERRA LEONE

SIERRA LEONE DUKUNG RI ANGGOTA  DK PBB     
      Zeynita Gibbons    

     London, 18/7 (Antara) - Presiden Sierra Leone, Ernest Bai Koroma  menegaskan dukungannya kepada Pemerintah Indonesia atas pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020.
          Hal itu disampaikan Presiden Dr Ernest Bai Koroma saat menerima Dubes RI untuk Dakar,Senegal  Mansyur Pangeran, merangkap Republik Sierra Leone yang menyerahkan Surat-Surat Kepercayaannya di Istana Negara Republik Sierra Leone di Freetown, ibu kota Sierra Leone. Senegal adalah salah satu negara di benua Afrika.
          Sekretaris kedua Pensosbud, KBRI Dakar, Dimas Pribadi kepada Antara London, Selasa mengatakan pada kesempatan pertemuan empat mata atau istilahnya "tête a tête" dengan Presiden Ernest Bai Koroma, Dubes Mansyur menyampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia disertai komitmen Indonesia mengembangkan hubungan dan kerja sama dengan Sierra Leone.
          Pada kesempatan itu, Dubes Mansyur menyampaikan karena Pemerintah Indonesia mencalonkan diri untuk menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB Periode 2019-2020, maka Indonesia mengharapkan dukungan dari Pemerintah Sierra Leone.
          Atas nama Pemerintah Indonesia Dubes Mansyur menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan atas kunjungan Presiden Ernest Bai Koroma ke Indonesia April 2015 dalam rangka Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika di Jakarta dan Bandung.
           Dikatakannya, Pemerintah Indonesia menyampaikan penghargaan kepada Menlu Sierra Leone, Dr. Samura M.W. Kamara, atas kunjungannya ke Indonesia  menghadirisidang Konferensi Kerja Sama Negara-Negara Islam(OKI tentang Palestina di Jakarta, Maret tahun lalu. Di sela-sela pertemuan, Menlu Kamara bertemu dengan Menlu Retno L.P. Marsudi, membahas peningkatan hubungan kedua negara, salah satunya rencana Pemerintah Sierra Leone membuka perwakilannya di Jakarta.
         Dubes Mansyur menyampaikan Pemerintah Indonesia  akan memfasilitasi kunjungan tim teknis dari Sierra Leone memperlancar proses pembukaan perwakilan di Jakarta.
          Presiden Ernest Bai Koroma menyampaikan  Indonesia adalah negara besar dan ekonominya maju mengharapkan hubungan bilateral dpat ditingkatkan di masa datang.
          Presiden Ernest Koroma juga mengharapkan prioritas kerja sama di bidang pertanian, transportasi, kemaritiman, pertambangan dan pendidikan.Ia mengharapkan adanya kegiatan saling kunjung para pengusaha dan Kadin kedua negara untuk melihat potensi perdagangan yang ada di kedua negara.          
 Presiden menyampaikan rasa terima kasihnya dan penghargaan kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan beasiswa yang diberikan kepada warga negara Sierra Leone selama ini.

          Sementara itu Menlu Sierra Leone, Dr. Kamara mengatakan
saat ini Pemerintah Sierra Leone sedang dalam tahap pembahasan internal untuk membuka perwakilan di Jakarta. Dubes Mansyur menyambut baik proses pembukaan perwakilan Sierra Leone di Jakarta, dan menyampaikan   Pemerintah Indonesia siap menerima tim teknis Sierra Leone yang akan ke Indonesia untuk membahas lebih lanjut rencana pembukaan kedutaan besar Sierra Leone tersebut.***2***

b/a011
(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 18-07-2017 07:26:55

Tidak ada komentar: