Selasa, 18 Juli 2017

PARIS

JOEY PENTAS DI FESTIVAL "ALL STARS" PARIS
           London, 2/7 (Antara) - Musisi belia Indonesia Joey Alexander (14),  diundang  tampil dalam konser Festival All Stars di New Morning  di Paris.
           Ketua VITO Perancis  kepada Antara London, Minggu mengatakan Kantor Pariwisata Indonesia di Paris ikut mendukung penampilan pianis Joey Alexander  yang lahir di Bali, Indonesia, 25 Juni 2003.
          Pianis Joey Alexander pertama kali berkenalan dengan jazz melalui ayahnya, dimana ia mendengarkan berbagai lagu klasik, dari seluruh koleksi ayahnya. Pada umur 6 tahun, Joey mulai belajar piano sendiri, dengan keyboard elektronik kecil yang diberikan oleh ayahnya.
          Dia langsung mampu mereproduksi melodi Thelonius Monk, Well, You Needn't tapi dia tidak berhenti di situ.
           Ketika berusia delapan tahun, Joey diundang  UNESCO untuk bermain piano solo pada waktu kunjungan artis besar, Herbie Hancock, di Indonesia.
          Joey kemudian berkata kepada Herbie Hancock, "Anda mengatakan kepada saya bahwa Anda percaya pada saya dan mulai hari ini saya memutuskan untuk mengabdikan hidup saya untuk jazz.
            Pada usia sembilan tahun, Joey  memenangkan hadiah grand pertama Master-Jam Fest, kompetisi terbuka untuk segala usia, yang berlangsung di Ukraina dyang diikuti oleh 200 peserta dari 17 negara.
           Ketika  umur 10 ia bermain di festival jazz di Jakarta dan Kopenhagen.
           "My Favorite Things", adalah album pertama Joey Alexander, dirilis pada tahun 2015 oleh Motema Music, meraih dua nominasi Grammy dalam kategori Best Instrumental Jazz Album dan Best Solo improvisasi untuk penampilannya di "Giant Steps" John Coltrane, membuatnya, pada usia 12, menjadi artis termuda yang  dinominasikan untuk Grammy.
          Sejak itu, Joey Alexander Trio mengikuti konser dan festival international di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, seperti di Tel Aviv, Marciac, Montreal, Abu Dhabi, Singapura, Bern, Praha Wina, Perugia dan di Indonesia, ujar Eka Moncarre seraya menyebut suatu kebanggaan bagi Indonesia.

    ***4***
(T.H-ZG/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 02-07-2017 07:05:13

Tidak ada komentar: