Minggu, 16 Juli 2017

BRUSEL

PERUSAHAAN INDONESIA RAIH SUPERIOR TASTE AWARD
     Zeynita Gibbons

   Jakarta, 20/6 (Antara) - Aliet Green yang menawarkan produk rempah-rempah dengan sertifikasi Grade A untuk pasar Uni Eropa dan Amerika Serikat asal Yogyakarta berhasil mendapatkan sertifikasi Superior Taste Award dari International Taste and Quality Institute (iTQi).
        Sertifikasi itu merupakan penghargaan untuk produk Organic Coconut Sugar Powder bertempat di Cercle Royal Gaulois, Brusel,Belgia.
          Superior Taste Award merupakan penghargaan bergengsi bagi perusahaan produk makanan dan minuman diseluruh dunia bersifat
non-kompetitif yang diadakan sejak tahun 2005 dan terbuka untuk produk makanan atau minuman retail, demikian Pensosbud KBRI Brussel, Ance Maylany kepada Antara London, Selasa.
         Perusahaan milik wanita pengusaha asal Jogjakarta yang  didirikan pada Juli 2009  dan memiliki misi usaha fair trade dan green environment untuk produk-produk organik menunjang usaha mengembangkan jaringannya dari wholesaler, retailers, processor, hingga food service markets.
         Sertifikasi yang diberikan  International Taste and Quality Institute (iTQi), yang berbasis di Brussels, Belgia ini menjadi salah satu acuan yang dipercaya untuk kualitas rasa produk makanan dan minuman retail di pasaran.
         Sertifikasi tersebut diperoleh dari penilaian 135 chef professional dari 15 Asosiasi Kuliner Eropa yang akan menilai rasa, tekstur dan peningkatan mutu produk untuk mendapat kelayakan rasa untuk diterima di pasar internasional. Tahun ini, Aliet Green menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang mendapatkan penghargaan.
           Acara penghargaan dihadiri 250 perusahaan penerima award dari total 800 perusahaan yang mendapatkan setifikasi award, dan menjadi kesempatan dan penghargaan yang bernilai penting untuk berbagai perusahaan ini untuk peningkatan produknya di pasaran.            
       Setiap perusahaan dengan seritifikasi ini pada produknya mendapatkan turnover hingga 40 persen. Penghargaan ini bukan merupakan kompetisi tapi lebih bersifat sertifikasi standar untuk cita rasa produk. Dari Asia perusahaan penerima award yang hadir antara lain berasal dari Taiwan, Korea Selatan, Jepang.
          Selain Superior Taste Award, terdapat juga Diamond Taste Award yang diberikan kepada perusahaan yang produknya mendapatkan tiga bintang sebanyak tujuh kali berturut-turut selama 10 tahun. Selain itu juga terdapat Crystal Taste Award untuk produk yang mendapatkan tiga bintang selama tiga tahun berturut-turut dengan panel juri yang berbeda-beda.    
      Banyak produk dari perusahaan penerima Diamond Taste dan Crystal Taste berasal dari Jepang dan Jerman antara lain Meiji Co. Ltd, Tokai Corporation, Tokiwa Co., Coca Cola GmBH, Schwarzbrau GmbH.

             Sertifikasi yang diterima P.T Aliet Green akan dapat membuka peluang pasar lebih besar lagi bagi produk-produk organiknya ke depan di pasar Eropa. Sertifikasi Superior Taste Award dinilai bermanfaat untuk dapat dimanfaatkan produsen makanan dan minuman di Tanah Air untuk dapat meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia ke Eropa.      ***3***
(ZG/b/a011)

(T.H-ZG/B/A.F. Firman/A.F. Firman) 20-06-2017 15:43:37

Tidak ada komentar: