Selasa, 18 Juli 2017

SPANYOL

DUBES AJAK PENGUSAHA GALICIA BERINVESTASI DI INDONESIA
         London, 13/7 (Antara) - Duta Besar RI di Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, memperkenalkan potensi dan peluang bisnis di Indoensia kepada Pemerintah Otonom Galicia dan mengajak kalangan pelaku usaha di Galicia untuk berinvestasi di Indonesia.
        Hal itu disampaikan Dubes dalam kunjungan kerja ke Santiago de Compostela, Ibukota Daerah Otonom Galicia, bersama Atase Perdagangan KBRI Madrid Elisa Rosma. demikian keterangan KBRI Madrid yang diterima Antara London, Kamis.
        Dalam kesempatan jamuan santap malam dengan Presiden Pemerintah Otonom Galicia, Alberto Núñez Feijóo, Dubes menyampaikan Galicia dan Indonesia mempunyai banyak kesamaan, diantaranya sama-sama memiliki kekuatan ekonomi yang bertumpu pada sektor maritim.
        Dikatakannya PM Spanyol Mariano Rajoy yang berasal dari Galicia mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di sela-sela KTT G20 di Hamburg. Kedua Kepala Pemerintahan membahas upaya-upaya peningkatan kerjasama investasi dan perdagangan bilateral.      
   Presiden Joko Widodo memprioritaskan program pembangunan di sektor maritim, membuka peluang  investasi dan menawarkan berbagai proyek pembangunan infrastruktur maritim, pariwisata, dan energi terbarukan kepada kalangan pengusaha Spanyol, ujarnya.
        Indonesia memiliki zona ekonomi maritim terbesar di dunia dan secara geografis berada di persimpangan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia dan berada di Selat Malaka, salah satu jalur laut teramai di dunia, merupakan kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan mitra yang potensial bagi  pengusaha Galicia.
        Dubes menyampaikan Indonesia memainkan peran signifikan dalam pengembangan konektivitas antar wilayah di Asia Tenggara yang menjadi proyek bersama Negara ASEAN di bawah kerangka ASEAN Connectivity Master Plan 2015 - 2025. Guna mewujudkan program ASEAN Connectivity KBRI Madrid mengadakan mengadakan temu  Bisnis di berbagai kota di Spanyol, termasuk di Vigo, pelabuhan utama Galicia, untuk mengajak pengusaha industri maritimnya melakukan investasi ke Indonesia,
   Galicia, salah satu dari 17 Daerah Otonom di Spanyol yang terletak di bagian Utara, memiliki 32 pelabuhan besar dan kecil yang kuat dalam industri galangan kapal, pengolahan hasil laut, otomotif dan tekstil serta teknologi infrastruktur pelabuhan.
        Dikatakannya Kebijakan deregulasi diterapkan Pemerintah Indonesia sejak September tahun lalu  memudahkan investor mengimplementasikan kerjasama di berbagai bidang, termasuk bidang yang menjadi unggulan Spanyol seperti infrastruktur, industri pariwisata, telekomunikasi, dan energi terbarukan.

        Penasehat Ekonomi Tenaga Kerja dan Industri Galicia, Francisco Conde Lopez menyambut baik dan meminta Ketua Kamar Dagang di Galicia untuk meraih peluang yang ditawarkan Indonesia. Pihaknya juga berterima kasih kepada KBRI Madrid yang setiap tahun berpartisipasi dalam Pameran Internasional Produk Makanan Laut dan Makanan Beku di Vigo, merupakan ajang pameran hasil laut terbesar di dunia.(ZG) ***3***
(T.H-ZG/B/B. Situmorang/B. Situmorang) 13-07-2017 16:05:46

Tidak ada komentar: