Sabtu, 13 Januari 2018

BELANDA



INDONESIA JARING WISATAWAN BELANDA DI VAKANTIEBEURSy

Oleh Zeynita Gibbons

     London, 11/1 (Antara) - Kementerian Pariwisata RI menggandeng 11 tour operator, hotel, Garuda Indonesia, perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, dalam upaya menjaring wisatawan Belanda di Vakantiebeurs 2018 di Jaarbeurs, Utrecht, pada 9-14 Januari.
         Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 140 meter persegi menampilkan berbagai kegiatan, antara lain media workshop, business meeting (travel exchange), B to C, pelayanan informasi pariwisata, coffee dan mixologist corner, pertunjukan kesenian serta awareness campaign, demikian Minister Counsellor Pensosbud KBRI Denhaag, Renata Siagian kepada Antara London, Kamis.
         Dikatakannya untuk bisa 'all out', Indonesia menampilkan objek pariwisata baru dari berbagai provinsi di Indonesia menjadi destinasi wisata favorit baru bagi publik Belanda maupun Eropa.
         Selain Kementerian Pariwisata, perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Maluku, mempromosikan destinasi pariwisata baru juga dilakukan oleh banyak travel agent/tour operator Belanda di antaranya dari Java yang memandang Indonesia sebagai tujuan wisata yang tidak hanya unik dan menarik, tapi juga memiliki pangsa pasar menjanjikan.
         Vakantiebeurs 2018 diawali dengan breakfast session oleh Walikota Utrecht, Jan van Zanen, dengan mengundang Dubes dari negara peserta menghadirkan pembicara Adjiedj Bakas, memaparkan tantangan global dan pengaruhnya pada industri pariwisata.
         Dalam jamuan makan pagi tersebut, yang juga dihadiri Dubes RI untuk Kerajaan Belanda, I Gusti Agung Wesaka Puja, dan melakukan peninjauan ke Paviliun Indonesia yang berlokasi di Hall 4.
         Vakantiebeurs merupakan ajang promosi dan pameran pariwisata tahunan yang diadakan Jaarbeurs, Vakantiebeurs, bekerja sama dengan VIV Europe dan City of Utrecht yang menampilkan berbagai produk dan objek wisata dari berbagai negara.
         Pameran ini merupakan salah satu pameran pariwisata paling bergengsi di dunia dan terbesar di kawasan Benelux dimana para pengunjung dapat memperoleh informasi terbaru mengenai travel trends, destinasi liburan terbaru, dan tips-tips saat mengunjungi destinasi favorit. Vakantiebuers 2018  diliput sekitar 100 media dari berbagai negara dan travel bloggers.

         Partisipasi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), termasuk wisatawan dari Belanda, agar target 20 juta wisman  pada tahun 2019 dapat tercapai. Penyelenggaraan Vakantiebeurs tahun ini diharapkan  mengulang kesuksesan pameran tahun 2017 yang dihadiri sekitar 110 ribu pengunjung. (ZG) ***3***
(T.H-ZG/C/T. Susilo/T. Susilo) 11-01-2018 06:12:

Tidak ada komentar: