Minggu, 28 Januari 2018

BRAWIJAYA

KAMPUS AFRIKA BARAT KERJA SAMA DENGAN BRAWIJAYA

Zeynita Gibbons

     London,22/1 (Antara) - Universitas Brawijaya (UB),Malang, Jawa Timur  menjalin kerja sama dengan berbagai kampus di Afrika Barat, sehingga setidaknya dua kampus telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU engan UB yang kini dalam tahap pelaksanaan.
          Delegasi UB diwakili Kepala Kantor Internasional UB Profesor Ifar Subagiyo, dan Liaison Officer Kantor Internasional UB, Profesor Marjono  melakukan kunjungan ke Gambia dan Senegal dalam rangka memperkuat kerja sama dan menindaklanjuti MoU kerja sama yang ditandatangani  tahun lalu, demikian Pensosbud KBRI Dakar, Dimas Prihadi kepada Antara London, Senin.
        Di Senegal, delegasi UB bertemu dengan salah satu kampus swasta terbesar di Senegal Institut superiwur de management (ISM) Dakar  dalam pertemuan dibahas sejumlah bidang kerja sama  diantaranya  program sandwich atau exchange program dalam program studi bisnis, manajemen, ekonomi dan hubungan internasional.
          Selain itu, kedua kampus  membahas kerja sama program  doktor atau PhD. Melalui kemitraan ini, UB diminta untuk membantu menghidupkan kembali program doktor atau Ph.D yang dulu sempat ada di ISM.
       "Permintaan/demand untuk program Ph.D sangat tinggi di ISM, banyak profesor dari mancanegara yang datang, biayanya juga cukup tinggi, namun Pemerintah belum memberikan otorisasi kepada ISM untuk buka program Ph.D," ujar Dr. Daniel Bitty yang pernah menerima tiga beasiswa dari Indonesia.
           Dr. Daniel Bitty  menjabat sebagai Direktur Kerja Sama Internasional ISM dan Institut Afrika-Asia berharap kerja sama di program Ph.D akan menjadi projek jangka panjang kedua  pihak. Saat ini ISM sedang fokus mendatangkan pengajar dari Indonesia untuk mengajar kelas Bahasa Indonesia di ISM pesertanya tiap tahun semakin meningkat.
           Dubes RI Dakar, Mansyur Pangeran, yang hadir dalam pertemuan mengatakan KBRI Dakar  membantu suksesnya kerja sama antarkampus atau university-to-university  dengan menjembatani komunikasi antara kedua kampus dan  menyambut baik MoU yang ditandatangani kedua rektor dan berharap akan banyak lagi mahasiswa  Senegal khususnya dari ISM yang belajar ke Indonesia baik melalui skema UB-ISM maupun beasiswa Darmasiswa dan KNB.
   
    Kendala bahasa
      Dubes Mansyur juga menyampaikan kendala bahasa yang seringkali dialami mahasiswa Senegal dalam mengisi aplikasi online Beasiswa Darmasiswa dan KNB. Diharapkan dengan adanya skema UB-ISM akan memudahkan KBRI dalam menjaring mahasiswa unggulan dari Senegal dengan komunikasi Bahasa Inggris yang memadai.
            Sementara itu, Prof. Ifar Subagiyo mengatakan UB telah menyiapkan pengajar Bahasa untuk ISM.
       "Kedatangan kami ke ISM, salah satunya adalah  mendapatkan konfirmasi dari ISM mengenai waktu pengajaran dan perihal administrasi,"ujarnya.
          Selain berkunjung ke Senegal, UB juga melawat ke Gambia bertemu Rektor University of The Gambia (UTG) sekaligus memenuhi undangan the 10th Convocation Ceremony of University of The Gambia  dalam acara Convocation yang dihadiri Presiden Gambia, Adama Barrow, Rektor UTG (Vice-Chancellor), Prof. Faqir Muhammed Anjum, dalam pidatonya menyebutkan peranan dan komitmen  UB bagi Gambia.
         Dalam pertemuan dengan Rektor UTG,  dibahas mengenai perluasan kerja sama di bidang pertanian, salah satunya pengelolaan air dan budidaya tanaman. Rektor UTG optimistis kedua pihak dapat menggali lebih jauh bidang kerja sama lainnya terutama di pertanian karena Pemerintah Gambia sedang membangun kompleks kampus baru untuk UTG di Faraba.
          Kerja sama antara kedua kampus terbilang cukup cepat, meski baru bertemu April tahun lalu, UB sudah menerima lima mahasiswa dari UTG, tiga melalui skema kerja sama UB-UTG dan dua lainnya melalui beasiswa Islamic Development Bank (IDB).
       Tidak hanya itu, ada dua mahasiswa lainnya yang mendaftar ke UB dengan biaya sendiri. Dampak kerja sama ini sangat terasa di Gambia, ujar Dubes Mansyur. Pada bulan April mendatang Rektor UTG berencana berkunjung ke UB  mempersiapkan rencana pelatihan untuk staf UTG pada bulan Juni-Juli di Malang.   ***4***
(ZG/c/a011)
(T.H-ZG/C/A.F. Firman/A.F. Firman) 22-01-2018 06:37:13


Tidak ada komentar: