Minggu, 28 Januari 2018

MADRID

MENPAR TETAPKAN 2018 TAHUN VISIT WONDERFUL INDONESIA

Oleh Zeynita Gibbons
   London, 17/1 (Antara) - Menteri Pariwisata menetapkan tahun 2018 sebagai Visit Wonderful Indonesia Year 2018 (ViWI 2018) dengan menetapkan 18 destinasi unggulan dalam pameran pariwisata Fitur Madrid yang berlangsung 17-21 Januari 2018.
        Sebanyak 18 destinasi unggulan itu memenuhi syarat 3A yaitu accessibility, amenities dan attraction. 
   Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya kepada Antara London, Rabu, mengatakan dalam Fitur kali ini Wonderful Indonesia menggandeng 19 industri pariwisata yang terdiri dari delapan travel agent/tour operator, sembilan hotel dan dua destination management company (DMC).
        Nia mengatakan selama lima hari pelaksanaan pameran yang terdiri dari tiga hari trade fair (B2B) dan dua hari consumer day (B2C) ini, industri pariwisata Indonesia akan memaksimalkan promosinya untuk menarik wisman Spanyol khususnya untuk masa liburan musim panas tahun 2018.
        Tahun 2017, Fitur Madrid diikuti 9.893 exhibitor dan dihadiri 244.972 pengunjung. Tahun 2018, antusias terhadap Fitur Madrid diprediksikan akan meningkat sehingga kehadiran Wonderful Indonesia dalam event ini merupakan langkah strategis untuk menjaring wisman asal Spanyol dan negara-negara Eropa lainnya.
        Nia mengatakan 18 tujuan wisata unggulan yang ditawarkan adalah objek Danau Toba, Padang, Palembang, Kepulauan Riau, Belitung, Jakarta, Bandung, Joglosemar, Surabaya, Bromo Tengger, Jember, Banyuwangi, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Balikpapan, Makassar, Wakatobi, Manado-Bunaken dan Raja Ampat.
        Menurut Nia Niscaya, ViWI 2018 dilakukan untuk mendorong percepatan bisnis di sector pariwisata di mana momentumnya terjadi karena masifnya branding Wonderful Indonesia di luar negeri, sehingga pemerintah dan industri harus menangkap kesempatan ini dengan kolaborasi seluruh stakeholder pariwisata. Dari Program ViWI 2018 ini diharapkan akan memberikan kontribusi sebesar 15 persen dari target nasional tercapainya 17 juta wisman pada tahun 2018 atau sebanyak 2,5 juta wisman.
        Salah satu yang menjadi fokus di tahun ini adalah dirilisnya 100 Wonderful event yang di dalamnya mengampu hajatan besar Indonesia di tahun 2018 yaitu Annual Meeting IMF¿WB dan Asian Games.
        Kedua event berskala internasional tersebut diprediksi akan mendatangkan lebih dari 30.000 kunjungan wisman ke Indonesia.
    Sebagai bagian dari strategi tersebut, Wonderful Indonesia mempunyai dua misi penting yang akan dilaksanakan di Madrid, Spanyol.
        Menurut Nia Niscaya, antusiasme terhadap Fitur Madrid diprediksikan akan meningkat sehingga kehadiran Wonderful Indonesia dalam event ini merupakan langkah strategis untuk menjaring wisman asal Spanyol dan negara-negara Eropa lainnya.
        Delegasi Wonderful Indonesia pada Fitur dipimpin langsung Menteri Pariwisata akan menghadiri 14th UNWTO Awards Ceremony pada tanggal 17 Januari 2018. Acara ini merupakan bentuk penghargaan UNWTO sebagai organisasi pariwisata dunia kepada individu maupun organisasi atas kontribusi mereka dalam menciptakan inovasi dan karya di dunia pariwisata.
        "Pada tahun 2018 ini dari 128 peserta yang mendaftar, dua perwakilan Indonesia berhasil lolos seleksi dan menjadi finalis UNWTO Award for Innovation in Tourism pada kategori Non-Governmental Organizations yaitu The Sumba Hospitality Foundation dan Triponyu.com, dan pemenang akan diumumkan pada saat acara 14th UNWTO Awards Ceremony," kata Nia Niscaya.***1***
(ZG)
(T.H-ZG/B/A. Salim/A. Salim) 17-01-2018 04:37:20

Tidak ada komentar: